Home / Tak Berkategori

Kader Partai Demokrat Jepara Lakukan Aksi Penurunan Baliho Anies Baswedan 

Jumat, 1 September 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Jepara, Selebritynews – Aksi penurunan baliho Anies Baswedan dilakukan oleh kader Partai Demokrat Jepara (1/9) yang kecewa atas persetujuan kerja sama politik Partai Nasdem dan PKB yang setuju mengusung pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar.

Menurut Sekretaris Jenderal Partai Demokrat/Anggota Tim 8, Teuku Riefky Harsya, persetujuan ini dilakukan secara sepihak atas inisiatif Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh.

Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kabupaten Jepara menyatakan kecewa dengan sikap pengingkaran komitmen Anies Baswedan yang membelot dari Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Mereka pun menilai jika calon presiden (Capres) yang sebelumnya diusungnya itu tidak mempunyai komitmen dan pengingkaran atas kesepakatan Koalisi Perubahan. Koalisi yang diisi oleh tiga partai, meliputi Partai NasDem, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Jepara M. Latifun, Jum’at (1/9/2023) lewat pesan WhatsApp mengatakan sudah menerima surat dari Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya tentang duduk perkara permasalahan Anies yang membelot dan memilih Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sebagai cawapres.

Dikutip dari cnbcindonesia, bakal Calon Presiden (capres) Anies Baswedan dikabarkan akan menggandeng Ketum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sebagai calon wakil presiden (cawapres).

Kabar ini terbilang mengejutkan mengingat Anies selama ini lebih dikaitkan dengan nama Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Sementara itu, Cak Imin kerap disandingkan dengan Prabowo Subianto. PKB sebelumnya bergabung dengan koalisi pendukung Prabowo Subianto.

“Namun demikian, sesuatu yang tidak terduga dan sulit dipercaya terjadi. Di tengah proses finalisasi kerja Parpol koalisi bersama Capres Anies dan persiapan deklarasi, tiba-tiba terjadi perubahan fundamental dan mengejutkan.”

Pada Selasa malam, 29 Agustus 2023, di Nasdem Tower, secara sepihak Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh tiba-tiba menetapkan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar sebagai Cawapres Anies, tanpa sepengetahuan Partai Demokrat dan PKS,” ungkap Sekjen Demokrat Teuku Riefky Harsya dalam keterangannya, Kamis (31/8/2023).

Riefky mengungkapkan diusungnya nama Cak Imin merupakan inisiatif Ketum Nasdem Surya Paloh.

Anies Baswedan sebelumnya meminang Ketua AHY untuk bergabung dalam Koalisi Perubahan justru mengingkari janji. AHY yang dijanjikan menjadi calon wakil presiden, justru tidak dipilih mantan Gubernur Jakarta itu.

Dorongan Ketua Umum NasDem, Surya Paloh membuat Anies Baswedan lebih memilih Muhaimin Iskandar sebagai calon wakilnya untuk maju di Pemilu 2024.

”Menurut kami, Surya Paloh maupun NasDem tidak punya etika politik, yang mengusulkan secara sepihak. Padahal Partai Demokrat berkoalisi bersama Nasdem dan PKS,” kata M. Latifun.

Ia pun menilai, pemilihan Cak Imin sebagai cawapres Anies Baswedan mencederai apa yang sudah dibangun bersama dan hal ini menunjukkan Anies Baswedan tidak mempunyai komitmen, sehingga tidak patut dipilih menjadi Presiden Republik Indonesia dalam Pemilu 2024.

”Dengan kejadian ini, apalagi Anies Baswedan juga menerima, kami heran komitmen Koalisi Perubahan dikhianati dengan hal seperti ini. Belum menjadi presiden sudah tidak menjaga komitmen,” tegas M. Latifun yang juga adalah anggota DPRD Kabupaten Jepara.

Kejadian ini juga membuat sejumlah kadernya di daerah termasuk di Kabupaten Jepara kecewa dan meradang atas peristiwa ingkar janji terhadap komitmen yang dibangun bersama oleh Koalisi Perubahan.

Sumber: M. Latifun

Berita Terkait

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Samosir Melahirkan Bibit bibit Pemandu Wisata
Mayoritas Warga Landak Puas dengan Kinerja Karolin Margret Natasa sebagai Bupati 2017-2022
Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Gelar Pengabdian Masyarakat Bahas Kekerasan Dalam Rumah Tangga di Sukabumi
Kebersamaan Babinsa dan Warga Desa Ledang dalam Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW
Calon Bupati Dan Wakil Bupati Tangerang Maesyal Rasyid Dan Intan Nurul Hikmah Jalan Sehat Bersama Masyarakat
Warga Barisan Indah Rutin Berenang di Kolam Sampang Water Park Untuk Therapy Saraf Kejepit
Dihadiri Giring Nidji, Rapat Internal Partai Gerindra Se-Bali, Mengusung Tema Gembira Dalam Kontestasi Pilkada Bali
Kodim 1607/Sumbawa Perkuat Sinergi dengan Donor Darah Sambut HUT TNI ke-79

Berita Terkait

Sabtu, 21 September 2024 - 17:09

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Samosir Melahirkan Bibit bibit Pemandu Wisata

Sabtu, 21 September 2024 - 15:09

Mayoritas Warga Landak Puas dengan Kinerja Karolin Margret Natasa sebagai Bupati 2017-2022

Sabtu, 21 September 2024 - 14:09

Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Gelar Pengabdian Masyarakat Bahas Kekerasan Dalam Rumah Tangga di Sukabumi

Sabtu, 21 September 2024 - 13:22

Kebersamaan Babinsa dan Warga Desa Ledang dalam Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Sabtu, 21 September 2024 - 12:15

Calon Bupati Dan Wakil Bupati Tangerang Maesyal Rasyid Dan Intan Nurul Hikmah Jalan Sehat Bersama Masyarakat

Berita Terbaru