Sri Hartini Caleg dari PPP di Dapil III DPRD Jepara Menerima Aduan Petani Terkait Bendungan di Desa Bandungharjo

Kamis, 12 Oktober 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Jepara, SelebritynewsSri Hartini Caleg dari PPP di Dapil III DPRD Jepara meliputi Kecamatan Donorojo, Keling, dan Kembang. Bertempat di kediamannya, Kamis (12/10/2023) sore menerima kunjungan perwakilan petani dari Desa Bandungharjo.

Sri Hartini Caleg DPRD Jepara Dapil III dari PPP meliputi Kecamatan Donorojo, Keling dan Kembang.

 

Para petani dari perwakilan Gapoktan atau gabungan kelompok tani seperti Yazid Khoironi, Ketua Poktan (Kelompok Tani) Tani Jaya 1, Tani Jaya 2, Tani Jaya 3, dan Tani Jaya 4 dan beranggotakan sekitar 200 an petani.

Para perwakilan petani tersebut menyampaikan keluhan kepada Sri Hartini tentang kerugian akibat banjir di lahan pertanian mereka, berkurangnya masa panen dalam satu tahun dan kondisi bendungan di Kali Gelis.

Bendungan Sambong Wali atau Bendungan Kali Gelis terletak di Dukuh Nglendoh, Desa Bandungharjo, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Bendungan tersebut, selama hampir 2 tahun mengalami kerusakan dan kondisinya terkini tidak ideal sebagai sebuah bendungan atau dam.

Hal itu disampaikan oleh Yazid Khoironi kepada awak media. Dan dia berharap Pemerintah baik daerah, provinsi Jateng, dan pusat segera mengalokasikan anggaran pembangunan bendungan.

“Karena disaat musim hujan, kapasitas daya tampung luapan air hujan tidak bisa dibendung dan akhirnya meluap ke 450 hektare area persawahan petani serta mengakibatkan kerugian miliaran rupiah,” ujar Yazid Khoironi.

Kemudian Sri Hartini yang merupakan adik dari Khoirun Ni’am akrab disapa Kang Ni’am anggota DPRD Jepara Fraksi PPP. Dia menambahkan, sebelum bendungan jebol, petani bisa tanam padi 2 kali dan palawija 1 kali dalam 1 tahun.

“Namun sejak jebolnya bendungan, 90% petani mengalami kerugian dan akhirnya hanya menanam ketela pohon,” kata Sri Hartini yang dibenarkan oleh para petani yang ikut mendampingi saat berada di lokasi bendungan.

“Saat ini petani mengandalkan alkon sumur pompa untuk mengairi area persawahan dan dari sisa air yang mengalir,” tuturnya.

Sri Hartini menambahkan,” Setelah bencana banjir akibat jebolnya bendungan Kali Gelis beberapa bulan lalu. Pemkab Jepara melalui bantuan penanggulangan bencana, membangun kembali bendungan Kali Gelis. Namun kondisinya baru 50% bangunannya. Dan, kemungkinan di saat musim hujan, air sungai Kali Gelis masih bisa meluap dan berakibat menggenangi area persawahan milik petani dan mengakibatkan kerugian,” tambahnya.

“Hampir 80% hasil pertanian berkurang akibat jebolnya bendungan Kali Gelis dan untuk menghindari bencana serupa, bendungan harus segera dibangun dan dirawat bersama-sama,” ucapnya.

Kemudian ketika ditanyakan tentang solusi pembangunan bendungan lanjutan sebelum masuk musim hujan. Sri Hartini sebagai Caleg DPRD Jepara mengatakan, agar petani di Desa Bandungharjo bersatu dan mengusulkan kepada Khoirun Ni’am (anggota dewan) untuk membantu merealisasikan pembangunan bendungan.

“Dan kalau nantinya saya menggantikan posisi kakak saya (Khoirun Ni’am, red.) di DPRD Jepara. Saya amanah akan memperjuangkan para petani di Desa Bandungharjo, agar bisa kembali bercocok tanam seperti semula. Tanpa takut gagal tanam dan gagal panen, kalau bendungan sudah berfungsi baik untuk mengairi area persawahan petani,” ungkap Sri Hartini dengan tegas.

Bendungan Kali Gelis atau warga juga menyebut namanya bendungan Sambong Wali berukuran panjang +/- 100 M dan lebar +/- 3 M harus segera dibangun.

Hal ini diungkapkan oleh beberapa petani yang ikut mendampingi Sri Hartini saat mendatangi bendungan.

Sementara, Teguh Arifianto, Kabid Pengairan di DPUPR Jepara saat ditanyakan tentang pembangunan bendungan Kali Gelis melalui pesan WhatsApp, Ia menjawab bahwa untuk APBD 2024 tidak ada, kita usulkan ke APBN lewat BPBD Jepara.

“Karena anggarannya 5 M,” info Teguh Arifianto kepada awak media.

Teguh Arifianto juga mengirimkan video saat terjadi bencana banjir bandang di bendungan Kali Gelis dan foto-foto kondisi pasca banjir.

Sebelumnya, Rudi Exfana, Carik atau Sekretaris Desa Bandungharjo, juga menginformasikan kalau dia juga menjadi warga terdampak akibat jebolnya bendungan Kali Gelis.

“Kalau masalah kerugian, dampak secara langsung mungkin banyaknya petani yang tidak bisa menanam pada musim ini, karena banyaknya sawah yang kekeringan. Dan, banyaknya petani yg mengalami kerugian termasuk saya sendiri,” tulis Rudi Exfana lewat pesan WhatsApp.

Berita Terkait

Masjid Al-inayah Kemiri Mengadakan Peringatan Hari Besar islam dalam rangka memperingati Maulid Nabi Besar Muhammad SAW Berjalan Lancar
Partai Gelora Sulawesi Utara Siap All Out Menangkan SK-ADT dalam Pilkada 2024
Agus Sutisna Sambangi Warga Desa Mangunan untuk Serahkan Bantuan
Taufik-Rianto Bakal Lawan Kotak Kosong Di Pilkada Kabupaten Asahan
Resmi Witiarso Utomo dan M. Ibnu Hajar Daftar ke KPU Jepara sebagai Paslon Bupati dan Wabup Pilkada 27 November
Yaman Kala Hideng Kecamatan Kemiri Siap Membesarkan TTKKBI di Kabupaten tangerang
Anggota DPRD Dapil 8 Provinsi DKI Jakarta Lazarus Simon Ishak Hadiri Semarak HUT RI ke-79 di RW 011 Kelurahan Manggarai 
Disdikpora Kabupaten Cianjur, Menyelenggarakan Gebyar Kreativitas PKBM-SKB Tahun 2024

Berita Terkait

Selasa, 17 September 2024 - 15:18

Masjid Al-inayah Kemiri Mengadakan Peringatan Hari Besar islam dalam rangka memperingati Maulid Nabi Besar Muhammad SAW Berjalan Lancar

Minggu, 15 September 2024 - 18:52

Partai Gelora Sulawesi Utara Siap All Out Menangkan SK-ADT dalam Pilkada 2024

Sabtu, 31 Agustus 2024 - 11:34

Agus Sutisna Sambangi Warga Desa Mangunan untuk Serahkan Bantuan

Jumat, 30 Agustus 2024 - 14:01

Taufik-Rianto Bakal Lawan Kotak Kosong Di Pilkada Kabupaten Asahan

Kamis, 29 Agustus 2024 - 16:34

Resmi Witiarso Utomo dan M. Ibnu Hajar Daftar ke KPU Jepara sebagai Paslon Bupati dan Wabup Pilkada 27 November

Berita Terbaru