Khoirun Ni’am Minta Bendungan di Kecamatan Donorojo Masuk Skala Prioritas Pembangunan

Senin, 16 Oktober 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Jepara, selebritynews – DPRD Kabupaten Jepara, Senin (16/10/2023) siang mengadakan Rapat Paripurna membahas pengambilan keputusan 4 (empat) Ranperda dengan acara laporan Pansus I, II ,III, dan IV, pendapat akhir fraksi, pengambilan keputusan, dan pendapat akhir Pj Bupati Jepara.

Perda Perubahan atas Perda Nomor 9 Tahun 2021 tentang Pembentukan Dana Cadangan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Jepara Tahun 2024, Perda tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2010 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan, Perda tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman serta Perda tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.

Dalam rapat paripurna pengambilan keputusan atas Perda tersebut pada hari ini, seluruh fraksi di DPRD memberikan persetujuan dan pandangan fraksi.

Rapat paripurna itu dipimpin Ketua DPRD Haizul Ma’arif bersama tiga wakilnya, Junarso, Pratikno, dan Nuruddin Amin. Rapat paripurna juga disaksikan unsur Forkopimda Jepara dan OPD Pemkab Jepara.

Penjabat (Pj.) Bupati Jepara Edy Supriyanta yang hadir dalam rapat paripurna tersebut mengapresiasi keputusan itu. Dia berterima kasih kepada pimpinan DPRD dan seluruh anggota pansus yang telah menyelesaikan pembahasan, hingga menyetujui penetapan perda tersebut.

Sebelum ditetapkan dalam rapat paripurna, juru bicara keempat panitia khusus (pansus) membahas masing-masing ranperda, menyampaikan laporan.

Keempatnya adalah Muhammad Ibnu Hajar dari Pansus I, Pansus II oleh Uzlifatul Fuaidah, Pansus III oleh Chairul Anwar, dan Pansus IX oleh Nur Osel Kahisha Putri.

Dalam kesempatan ini, Khoirun Ni’am Ketua atau Badan Pembentukan Peraturan Daerah DPRD Jepara dari Fraksi PPP memberikan pandangan tentang pentingnya Pemkab Jepara menjalankan Perda dengan baik.

“Terima kasih kepada Setwan, karena program pembentukan Ranperda yang direncanakan sudah dilaksanakan dalam setiap pembahasan ranperda,” ucapnya.

Khoirun Ni’am sangat menyetujui pernyataan Pj Bupati Jepara bahwa penegakan Perda Jepara di Karimunjawa akan dilakukan dengan persuasif agar tidak terjadi konflik.

“Namun saya juga meminta Kecamatan Donorojo harus juga diperhatikan. Kawasan Kecamatan Donorojo tidak masuk sebagai KPI atau Kawasan Peruntukan Industri. Kecamatan Donorojo ditetapkan sebagai kawasan konservasi, kawasan hijau dan kawasan pemukiman,” ungkapnya.

“Mohon Pemkab Jepara lebih memperhatikan kawasan konservasi di Kecamatan Donorojo, jangan hanya kawasan Karimunjawa,” harapnya.

“Program ketahanan pangan yang dicanangkan oleh Presiden RI Joko Widodo, harus kita sukseskan bersama. Tentunya dengan sistem irigasi pengairan dan bendungan yang mendukung,” jelas Khoirun Ni’am.

Khoirun Ni’am yang akrab disapa Kang Ni’am menambahkan bendungan yang ada di Kawasan Donorojo (Desa Bandungharjo, Red.) ambrol karena bencana alam atau sebab lainnya. Petani sangat mengharapkan agar bendungan tersebut segera dianggarkan oleh BPBD, Bappeda, DPUPR, dan TAPD Kabupaten Jepara untuk pembangunan bendungan tersebut,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Pj Bupati Jepara menjawab pandangan fraksi-fraksi di DPRD dan menjelaskan akan memperhatikan usulan terkait kawasan konservasi Kecamatan Donorojo.

“Pengawasan orang asing akan lebih menjadi perhatian, untuk masalah tambak di Karimunjawa penegakan Perda dengan humanis dan dipimpin oleh Gakkum KLHK serta peruntukan bendungan Sungai Gelis di Desa Donorojo di tahun 2024 segera bisa bermanfaat,” ujar Pj Bupati Jepara.

Berita Terkait

Partai Gelora Sulawesi Utara Siap All Out Menangkan SK-ADT dalam Pilkada 2024
Agus Sutisna Sambangi Warga Desa Mangunan untuk Serahkan Bantuan
Taufik-Rianto Bakal Lawan Kotak Kosong Di Pilkada Kabupaten Asahan
Resmi Witiarso Utomo dan M. Ibnu Hajar Daftar ke KPU Jepara sebagai Paslon Bupati dan Wabup Pilkada 27 November
Yaman Kala Hideng Kecamatan Kemiri Siap Membesarkan TTKKBI di Kabupaten tangerang
Anggota DPRD Dapil 8 Provinsi DKI Jakarta Lazarus Simon Ishak Hadiri Semarak HUT RI ke-79 di RW 011 Kelurahan Manggarai 
Disdikpora Kabupaten Cianjur, Menyelenggarakan Gebyar Kreativitas PKBM-SKB Tahun 2024
DPP APPI Pusat diwakili Wasekjen Bastian Tampubolon Rapat Koordinasi dengan Ketua DPW Sumut

Berita Terkait

Minggu, 15 September 2024 - 18:52

Partai Gelora Sulawesi Utara Siap All Out Menangkan SK-ADT dalam Pilkada 2024

Sabtu, 31 Agustus 2024 - 11:34

Agus Sutisna Sambangi Warga Desa Mangunan untuk Serahkan Bantuan

Jumat, 30 Agustus 2024 - 14:01

Taufik-Rianto Bakal Lawan Kotak Kosong Di Pilkada Kabupaten Asahan

Kamis, 29 Agustus 2024 - 16:34

Resmi Witiarso Utomo dan M. Ibnu Hajar Daftar ke KPU Jepara sebagai Paslon Bupati dan Wabup Pilkada 27 November

Selasa, 27 Agustus 2024 - 12:02

Yaman Kala Hideng Kecamatan Kemiri Siap Membesarkan TTKKBI di Kabupaten tangerang

Berita Terbaru