Example 728x250
Terkini

Wabup Ogan Ilir Serahkan Buku Nikah kepada 96 Pasang Peserta Pelayanan Terpadu Itsbat Nikah Tahun 2023

25
×

Wabup Ogan Ilir Serahkan Buku Nikah kepada 96 Pasang Peserta Pelayanan Terpadu Itsbat Nikah Tahun 2023

Sebarkan artikel ini

Ogan Ilir, selebritynews.id Dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Ogan Ilir yang ke-20 Tahun 2024 dan sehubungan telah diselenggarakannya kegiatan Pelayanan Terpadu Itsbat Nikah dan Penerbitan Buku Nikah, Akta Kelahiran, serta Dokumen Kependudukan Lainnya, Wakil Bupati Ogan Ilir Bapak H. Ardani, S.H., M.H. menyerahkan langsung Buku Nikah kepada 96 pasangan suami istri dari 16 kecamatan se-Kabupaten Ogan Ilir, yang telah disahkan perkawinannya oleh Pengadilan Agama (PA) Kayuagung 5-6 Desember Tahun 2023 lalu, bertempat di Gedung Serba Guna Komplek Perkantoran Terpadu (KPT) Tanjung Senai Indralaya (Selasa, 09-01-2024).

Penyerahan Buku Nikah ini merupakan rangkaian Kegiatan Pelayanan Terpadu Itsbat Nikah dan Penerbitan Buku Nikah, Akta Kelahiran, serta Dokumen Kependudukan Lainnya yang merupakan kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) dengan PA Kayuagung dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ogan Ilir yang bertujuan untuk meningkatkan akses terhadap pelayanan di bidang hukum khususnya hukum perkawinan, yakni membantu masyarakat terutama yang tidak mampu dalam memperoleh hak atas buku nikah (perkawinan belum tercatat/belum diakui Negara), akta kelahiran, dan dokumen kependudukan lainnya yang dilakukan dengan sederhana, mudah, cepat, dan biaya ringan

Sebanyak 100 pasang suami-istri telah menjalani sidang Itsbat (pengesahan) nikah oleh PA Kayuagung Desember tahun lalu, empat pasang di antaranya tidak dapat dikabulkan permohonan nikahnya oleh PA karena beberapa sebab, sedangkan 96 pasang lainnya diputuskan diterima dan telah diterbitkan buku nikahnya oleh Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan masing-masing.

Acara penyerahan buku nikah ini dihadiri langsung oleh Wabup Ogan Ilir Bapak H. Ardani, para Asisten Sekda, para staf ahli Bupati, Ketua PA Kayuagung, Kepala Kantor Kemenag Ogan Ilir, Kepala Dinas Dukcapil Ogan Ilir, Kepala perangkat daerah dan para camat se-Kabupaten Ogan Ilir, Kepala KUA Kecamatan se-Kabupaten Ogan Ilir, serta pimpinan Forkopimda atau yang mewakili.

Pada kegiatan tersebut, para pasutri mengenakan pakaian pengantin dan dirias layaknya pasangan pengantin baru, dengan suasana kemeriahan pesta perkawinanan pada umumnya. Pasangan pengantin bari (lama) ini berpose bersama Wabup dan pimpinan instansi yang sempat hadir serta masing-masing mendapatkan cendera mata persembahan Bank Sumsel Babel Cabang Indralaya.

Walapun dengan usia perkawinan yang tidak muda lagi, para pasutri terlihat sangat mesra dan bahagia bersanding di pelaminan bak raja dan ratu sehari. Dalam sambutanya, Wabup menyampaikan ucapan selamat kepada para pasangan dan diharapkan ke depannya jumlah peserta pelayanan terpadu dapat ditingkatkan karena program Itsbat Nikah ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, terutama masyarakat yang tidakk mampu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *