Example 728x250
Terkini

Billy Lombok: Koalisi Besar Siap Antar E2L ke Kursi Gubernur

43
×

Billy Lombok: Koalisi Besar Siap Antar E2L ke Kursi Gubernur

Sebarkan artikel ini
Billy Lombok, Sekretris Partai Demokrat Sulawesi Utara. (foto: dok. pribadi)

SELEBRITYNEWS.ID, Manado – Peta politik di Sulawesi Utara (Sulut) semakin menarik perhatian menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024, terutama setelah muncul kabar terbaru bahwa Elly Engelbert Lasut (E2L) yang sempat ”terjepit” saat masuk melalui jalur independen, kini dikabarkan memperoleh dukungan solid dari lima partai politik utama plus Partai Demokrat sendiri.

Selain dukungan partai yang semakin solid ini, dalam survei terbaru yang dirilis Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, E2L berhasil meraih dukungan sebesar 40,3 persen jauh meninggalkan beberapa kandidat yang sebelumnya digadang-gadang bakal memenangkan kontestasi Pilkada di daerah berjuluk Kota Nyiur Melambai ini.

Billy Lombok, Sekretaris DPD Partai Demokrat Sulut yang dihubungi media ini siang tadi (Selasa, 28/5/24) mengonfirmasi bahwa koalisi besar semakin solid dan sudah siap mengantarkan E2L ke kursi Gubernur Sulawesi Utara pada Pilkada 2024. Kelima partai yang tergabung dalam koalisi besar tersebut, masing-maing PKB, Perindo, PSI, NasDem, dan PKS. Tiga di antaranya, yaitu PKB, Perindo, dan PSI, telah mengeluarkan surat permohonan rekomendasi untuk E2L.

Dalam pernyataan resmi sebelumnya, Billy menegaskan kalau E2L dipastikan bertarung di Pilgub Sulut. “Rekomendasi dari partai politik yang ingin berkolaborasi dengan Partai Demokrat akan segera dikeluarkan. Ini kemudian akan menjadi modal utama kita untuk memenangkan pemilihan gubernur di Sulawesi Utara pada 2024 ini,” tegas Billy.

Survei Unggulkan E2L

Dikuip dari boltim.pikiran-rakyat.com, Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA sudah merilis hasil survei terbaru. Survei ini mengungkapkan bahwa E2L unggul jauh dari kandidat bakal calon gubernur Sulut lainnya.

Survei yang melibatkan 800 responden dengan metode tatap muka menunjukkan bahwa E2L berhasil meraih dukungan sebesar 40,3 persen dari delapan calon gubernur yang diajukan. Di posisi kedua dipegang oleh Christiany Eugenia Paruntu (CEP) dengan dukungan 12,4 persen, diikuti oleh Steven Kandouw dengan 11 persen yang berada di posisi ketiga.

Meskipun survei mencatat beberapa calon lain seperti Tatong Bara, James Sumendap, G.S. Vicky Lumentut, Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan, dan Petrus Reinhard Golose, namun dukungan mereka relatif rendah jika dibandingkan dengan dominasi Elly Lasut.

Direktur LSI Denny JA, menjelaskan bahwa dalam skenario Pilgub Sulut 2024 dengan dua calon, Elly Lasut tetap unggul. Ketika dihadapkan dengan Steven Kandouw, Christiany Eugenia Paruntu, Petrus Reinhard Golose, atau Tatong Bara, E2L masih memimpin dengan signifikan.

“Dalam skenario Elly Engelbert Lasut berhadapan dengan Steven Kandouw, dukungan untuk E2L mencapai 57,1 persen, sementara Steven Kandouw hanya mendapatkan 18,1 persen dukungan. Begitu pula jika Elly Engelbert Lasut dihadapkan dengan Christiany Eugenia Paruntu, E2L masih unggul dengan dukungan 53,3 persen,” ungkap Denny JA.

Hasil survei ini menunjukkan dominasi E2L dalam persaingan Pilgub Sulut 2024 memperkuat posisinya sebagai kandidat yang mendapat dukungan signifikan dari masyarakat.

Meskipun Bupati Kabupaten Talaud saat ini unggul dalam survei, namun situasi politik yang dapat berubah sewaktu-waktu, sehingga bisa menjadi variabel krusial yang perlu terus dipantau dalam perjalanan menuju Pilkada Sulut 2024.

Berikut hasil survei delapan kandidat calon gubernur Sulut yang dirilis LSI Denny JA:
1. Elly Engelbert Lasut 40,3 persen
2. Christiany Eugenia Paruntu 12,4 persen
3. Steven Kandouw 11 persen
4. Tatong Bara 8,3 persen
5. James Sumendap 4,6 persen
6. Vicki Lumentut 3,4 persen
7. Rita Maya Dondokambey Tamuntuan 2 persen
8. Petrus Reinhard Golose 0,6 persen

Ini menjadi sinyal kuat bahwa ia adalah calon yang serius dan berpotensi besar memenangkan kontestasi politik di Sulut. Dengan strategi dan dukungan kuat dari koalisi lima partai, E2L siap menjadi sosok yang membawa perubahan signifikan di Sulawesi Utara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *