Example 728x250
Terkini

KADIS PUTR SAMOSIR RUDIMANTHO LIMBONG S,HUT.MM KERAHKAN ALAT BERAT MEMBERSIHKAN TANAH LONGSOR DIDESA SOSOR DOLOK

44
×

KADIS PUTR SAMOSIR RUDIMANTHO LIMBONG S,HUT.MM KERAHKAN ALAT BERAT MEMBERSIHKAN TANAH LONGSOR DIDESA SOSOR DOLOK

Sebarkan artikel ini

 

 

Samosir -Pemerintah Kabupaten Samosir Melalui Dinas PUTR Kabupaten Samosir langsung melakukan langkah cepat penanganan tanah longsor di Desa Sosor Dolok Kecamatan Harian minggu sore 16 Juni 2024 .

 

Dalam penanganan jalan tersebut, Dinas PU menurunkan alat berat jenis dozer untuk memindahkan tumpukan tanah ke samping badan jalan. Longsor terjadi akibat hujan cukup tinggi pada hari minggu sore 16 Juni 2024

 

Kepala Dinas PU Kabupaten Samosir Rudimantho Limbong S,Hut.MM mengatakan pihaknya Langsung menurunkan alat berat di lokasi tebing yang tanahnya longsor, pada waktu itu juga,Namun dilanjutkan senin 17 Juni 2024,

 

‘Namun hal ini ,Setelah Rudimantho Limbong S,Hut.MM mendapat laporan dari Camat Harian P.Hartopo MH.Manik SSTP dan Kepala Desa Sosor Dolok Robongsu Limbong Melalui Telepon Wa Nya, Sehingga Kita langsung menurunkan alat berat untuk membersihkan tanah maupun bekas pohon-pohon tumbang akibat longsor yang menutupi badan jalan. Supaya jalan tersebut bisa dilalui masyarakat umum,katanya.

 

Rudimantho Limbong S,Hut MM Menambahkan, pada Senin 17/06/2024 Pekerjaan dimulai dari jam 08.30 dan akhirnya dapat menembus tumpukan material sekitar jam 13.0,dan jalan itu sudah tidak ada lagi tanah yang menutupi badan jalan. Arus lalu lintas sudah normal kembali dan bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat.

 

Tindakan ini merupakan langkah proaktif dalam upaya menjaga keamanan dan kelancaran arus lalu lintas di wilayah ini, Apalagi Askes jalan ini salah satu Jalan Lintas umum menuju Objek Wisata Air Terjun Efrata desa Sosor Dolok ,dan juga menuju Objek Wisata Bukit Sibeabea, Objek Wisata Bukit Holbung Sipege ,ujar Rudimantho.

 

Kepala Dinas PUTR Samosir Rudimantho Limbong S,Hut,MM mengungkapkan bahwa Reaksi Cepat ini salah peran Pemerintah Kabupaten Samosir yang Dipimpin Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom ST dalam upaya penanganan daerah rawan bencana di wilayah kabupaten Samosir

 

“Tentu saja secara struktur kewenangan berada di BPBD Samosir,namun demikian PUTR Samosir selaku dinas teknis senantiasa memberikan dukungan terutama terkait potensi kerawanan bencana di sepanjang jalan maupun daerah aliran sungai dan irigasi,”ucapnya.

 

Dalam upaya antisipatif, beberapa langkah antisipatif yang dilakukan diantaranya yaitu pihaknya memberikan peringatan kepada masyarakat luas untuk senantiasa berhati-hati ketika akan melewati daerah rawan bencana khususnya bencana tanah longsor, seperti yang terjadi saat ini di Jalan Lintas umum dari Desa Sosor Dolok Menuju Menara Pandang Tele, tegas nya.

 

Kepala Desa Sosor Dolok Robongsu Limbong Sangat Mengapresiasi Dinas PUTR Kabupaten Samosir yang langsung Tanggap untuk melakukan penanganan tanah longsor yang menutupi badan jalan dari Menara Pandang Menuju Objek Wisata Air Terjun Efrata ,Sehingga masyarakat pengguna jalan ini bisa melintasi jalan ini , terutama para wisatawan yang datang dari berbagai luar kota untuk Menikmati Panorama Keindahan Alam Objek Wisata Air Terjun Efrata yang berada di Desa Sosor Dolok Kecamatan Harian, apalagi hari ini 17/06/2024 adalah hari Raya idul adha, Sehingga banyak wisatawan yang berkunjung ke daerah ini,ujarnya.

 

Camat Harian P.Hartopo Manik SSTP mengatakan Sangat berterimakasih kepada Dinas PUTR Kabupaten Samosir yang sudah turun langsung membersihkan badan jalan lintas umum yang tertimbun tanah longsor dari lereng gunung di desa Sosor Dolok, Setelah sepanjang hari dilakukan pembersihan dengan menggunakan Alat Berat,Sehingga pengguna jalan bisa melintasi jalan tersebut, dari Menara Pandang Tele Menuju Desa Sosor Dolok .

 

Camat Harian P.Hartopo MH.Manik SSTP juga menyampaikan pesan Masyarakat luas, khususnya masyarakat desa Sosor dolok,dan mengingatkan agar warga senantiasa waspada terhadap segala ancaman bencana alam dalam musim hujan seperti sekarang ini.

“ Hartopo Manik Selaku Pimpinan Pemerintah Kecamatan Harian menghimbau agar warga apabila ada kejadian di wilayahnya agar segera melapor dengan cepat dengan harapan dapat segera di tangani dengan cepat.”ucapnya.

Sementara itu,Sekretaris Kecamatan Harian Kanur Situmorang S.Kom tak Luput Mengucapkan terima kasih kepada pihak Dinas PUTR Samosir ,Babinsa , Bhabinkamtibmas dan seluruh masyarakat yang telah membantu dalam kelancaran lalu lintas maupun proses pembersihan, berkat kerja sama yang dilakukan pada hari Senin 17/06/2024,tanah longsor di desa Sosor Dolok yang menghalangi jalan pun bisa di tangani dengan cepat ”

 

‘Saya Selaku Orang Kedua di Pemerintahan Kecamatan Harian Sangat begitu mengapresiasi Kepala Dinas PUTR Samosir Bapak Rudimantho Limbong S,Hut.MM , Kepala UPTD Peralatan Alat Berat Dinas PUTR Samosir Ronatal Sinaga ST, Kepala Koordinator Lapangan Wilayah 3 UPTD Peralatan Dinas PUTR Samosir Binhot Sitanggang, Operator Alat Berat yang cepat tanggap melakukan penanganan terhadap jalan tersebut, sehingga arus lalulintas masyarakat sudah kembali normal,’ Ucap Kanur Situmorang.

 

Setelah mendapat laporan dari Kepala Desa Sosor Dolok Robongsu Limbong, Babinsa Koramil 04/Harian Boho Kopka W Siboro langsung mendatangi tempat kejadian bencana tanah longsor yang diakibat oleh hujan dan melakukan koordinasi dengan Pemerintah Desa, Pemerintah Kecamatan Harian dan aparat Kepolisian Polsek Harian Boho Brigadir Johan Preddy Sinurat dalam penanganannya.

 

Babinsa Kopka W Siboro terjun langsung ke tempat kejadian untuk mengecek dan memantau tanah longsor tersebut guna mencegah hal – hal yang tidak diinginkan serta melakukan koordinasi dengan pemerintah Desa untuk melakukan penanganan pasca terjadinya tanah longsor.

 

Kopka W.Siboro tak Luput menghimbau kepada masyarakat agar tetap tenang, namun harus tetap waspada dan berhati-hati apabila terjadi hujan deras, guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan serta kerugian yang lebih besar”, Pungkasnya.

 

Bhabinkamtibmas Polsek Harian Brigadir Johan Preddy Sinurat Langsung merespon dengan adanya kejadian tanah longsor yang menimpa di desa binaanya. Meskipun hujan masih turun, mereka berdua tetap menjalankan kewajibannya melaksanakan tugas sebagai Babinsa dan Bhabinkamtibmas bersatu dengan Dinas PUTR Samosir , Pemdes Desa Sosor Dolok, Pemerintah Kecamatan Harian agar Jalan Desa Sosor Dolok menuju menara pandang Tele bisa dilalui pengguna jalan.

 

Kepala Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Daerah (UPTD) Peralatan Dinas PUTR Samosir Ronatal Sinaga ST bersama anggotanya Langsung bergerak cepat, Untuk melakukan pembersihan timbunan tanah longsor yang melanda Jalinsum dari Objek Wisata Menara Pandang Tele Menuju Objek Wisata Air Terjun Efrata Desa Sosor Dolok Kecamatan Harian,yang terjadi pada Minggu sore 16/06/2024,dan mengakibatkan kendaraan roda dua dan empat tidak bisa melewati jalan itu.

“Karena badan jalan tertimbun material longsor sehingga jalan tidak bisa dilalui kendaraan roda dua dan empat,

Selain tanah longsor juga beberapa pohon besar yang tumbang ikut menutup akses jalan tersebut.

Namun Setelah Kami Melakukan Pembersihan material longsor tersebut dengan menggunakan Alat Berat pada senin 17/06/2024 pukul 08.30 wib hingga selesai,kini kondisi jalan lintas umum dari Desa Sosor Dolok menuju Menara Pandang Tele sudah bisa di lalui pengguna jalan,

 

Namun kegiatan pembersihan material tanah longsor tersebut tak luput berkat kerjasama Kami dengan Camat Harian P.Hartopo MH.Manik SSTP , Kepala Desa Sosor Dolok Robongsu Limbong, Bhabinkamtibmas Polsek Harian Boho Brigadir Jhohan Freddy Sinurat,Babinsa Koramil 04/HB Kopka WR Siboro Dan Juga Masyarakat setempat.ujar Ronatal.

 

(Baktiar H.Pasaribu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *