Dinas Pertanian Kabupaten Tangerang Adakan Bimtek Petani Milenial

Kamis, 5 September 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

 

SelebrityNews.id|Tangetang

Pemerintah  Dinas Pertanian Adakan Giat Bimbingan Teknis Petani Milenial Di UPTD Penyuluhan Pertanian DPKP Suka bakti Kec, curug Kamis 08:00 Wib 05/09/2024.

 

Mengembangkan Usaha Agribisnis Melalui Strategi Praktis Dan Kolaborasi Dalam Membangun Komunitas Petani Milenial. Acara Berlangsung Dengan Lancar dan sangat Hangat Yang di Hadiri Oleh Kadis Pertanian Kabupaten Tangerang, Narasumber H. Linda Nurhayati Dari Provinsi,  Muhammad Wowo Dan Edo Dari Kabupaten tangerang.

 

Kepala Dinas Pertanian   Ir. Asep Jatnika Sutrisno, M.M Sekaligus Membuka Acara Bimbingan Teknis Petani Milenial Kabupaten Tangerang,  ia Juga menyampaikan kepada Peserta Bimtek Petani Milenial.

 

Menurut Permentan No. 04 tahun 2019 pasal 1 menyebutkan petani milenial adalah petani berusia 19 tahun sampai dengan 39 tahun dan/atau petani yang adaptif terhadap teknologi digital.

 

“Kita Harus Bangkit Karna Yang di butuhkan adalah Kaum Milenial yang  harus memiliki Manset kedepan, Bagaimana Untuk Menciptakan Perubahan Dalam Diri kita tentunya, dari mulai penghasilan yang melebihi dan mendapatkan ke untungan yang pesat dari sebuah agribisnis Pertanian Dan Ketahan pangan tentunya. “Ucap kepala Dinas Pertanian Ir. Asep Jatnika Sutrisno, M.M

 

“Gunakan Potensi yang ada Manfaatkan juga yang di. Miliki Harus melihat Ke atas Untuk masa Depan Tentu nya, apa lagi di era digital seperti ini, Hal Pertama Yang Kita Lakukan adalah Rubah Mindset kita, Memiliki keyakinan, Bersilaturahmi/ Berkolaborasi Dengan yang Lain, Jangan Berfikir Pertanian itu Bukan hanya di budidaya saja, Melainkan bisa menghasilkan dari Sektor Yang Lain”Tandasnya HJ. Linda Nurhayati Salah Satu Narsum dari Provinsi

 

Petani adalah orang yang melakukan budidaya tanaman, mulai dari penyiapan lahan, penanaman, pemeliharaan, sampai dengan memanennya langsung. panen yang dihasilkan oleh petani dapat digunakan untuk kebutuhan pribadi maupun dijual dipasar.

 

petani memiliki peran penting dalam perkembangan pertanian di indonesia baik dalam kebutuhan pangan maupun industri. Petani Indonesia hanya sebagian menggunakan teknologi dalam bertani, tidak terkecuali dengan petani yang ada di pedesaan pelosok negeri.

 

“Kita tahu bahwa petani yang ada di kota adalah justru petani yang hanya memanfaatkan lahan sekitaran rumahnya untuk sebagai pemenuhan kebutuhan saja untuk kehidupan keluarganya dan bukan untuk industri bisa dikatakan juga sebagai petani home farming self.

 

Beda lagi dengan petani yang ada di desa yang dimana petani memiliki peran penting dalam berjalannya ekonomi nasional, tetapi justru kekurangan alternatif pendukung dalam keberlangsungan sektor pertanian di pedesaan.

 

 Masa depan pertanian Indonesia terancam dengan semakin berkurangnya minat generasi muda untuk terjun di bidang pertanian, khususnya untuk pertanian pangan. Merosotnya luas lahan garapan kepemilikan pribadi dinilai sebagai salah satu penyebab keenggan ini. Pembangunan desa akan akan sangat bergantung pada tenaga produktif, sehingga ketika tak ada lagi generasi muda muda yang mau mengerjakan lahan, maka kebutuhan pangan pasti akan disuplai dari luar.

 

Bayangkan jika petani di Indonesia tidak ada lagi yang mau bertani hanya karena kurangnya berbagai fasilitas untuk bertani dan jaminan yang tidak memuaskan dan petanipun beralih ke industri non pertanian bisa jadi Indonesia merupakan Negara yang kelaparan, kemiskinan dimana-mana, kriminaitas meningkat dan politik tidak terkendali yang membuat tidak adanya kemajuan bagi bangsa ini. Dengan pengalaman kegagalan dimasa lalu disertai persepktif baru bahwa tak ada lagi masa depan untuk pertanian, mereka pun mendorong anak-anak meninggalkan desa, untuk sekolah tinggi. Ironisnya, ketika anak-anak ini tak ingin lagi kembali ke desa Oleh karena itu, perlu adanya peran penting Dari Petani Milenial di Indonesia khususnya kabupaten Tangerang banten.

 

 

Red/Dde

Berita Terkait

Luar Biasa…! Konser Lawang Pitu Dengan Gitaris Senior Eet Sjahranie, Sukses Obati Kerinduan Penggemarnya
Rizky Podos TikToker Yang Resah Dengan Masalah Sosial Dari Kacamata Comedy
Fajar Gomez Siap Taruh Nyawa Demi Film Action Terbarunya. Adegan Fight Sungguhan Ga Pakai Stunt
Dukung Program Transisi Energi Terbarukan UBP Banten 3 Lontar Terima Kunjungan Dongfang Electric Corporation dan PLN Suku Cadang
Owner Sampang Water Park Mengucapkan Selamat  Maulid Nabi Muhammad SAW, Wujud Cinta Kepada Rasullah
Meriah Dan Spektakuler Masa Banjiri Acara Deklarasi “BERTAJI” Di Gedung Olah Raga (GOR) Baturaja Ogan Komering Ulu Sumatra Selatan
Malam Penutupan Pordes Tanjung Raja Selatan Berlangsung Meriah
Sushi Tei Group Kampanyekan Peduli Sosial di NTT

Berita Terkait

Senin, 16 September 2024 - 15:50

Luar Biasa…! Konser Lawang Pitu Dengan Gitaris Senior Eet Sjahranie, Sukses Obati Kerinduan Penggemarnya

Senin, 16 September 2024 - 12:17

Rizky Podos TikToker Yang Resah Dengan Masalah Sosial Dari Kacamata Comedy

Senin, 16 September 2024 - 11:39

Fajar Gomez Siap Taruh Nyawa Demi Film Action Terbarunya. Adegan Fight Sungguhan Ga Pakai Stunt

Senin, 16 September 2024 - 10:53

Dukung Program Transisi Energi Terbarukan UBP Banten 3 Lontar Terima Kunjungan Dongfang Electric Corporation dan PLN Suku Cadang

Senin, 16 September 2024 - 05:45

Owner Sampang Water Park Mengucapkan Selamat  Maulid Nabi Muhammad SAW, Wujud Cinta Kepada Rasullah

Berita Terbaru