Resmi Dibuka, Tirta Gangga Fest 2024 Tingkatkan Potensi Seni Budaya di Karangasem

Sabtu, 14 September 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Resmi Dibuka, Tirta Gangga Fest 2024 Tingkatkan Potensi Seni Budaya di Karangasem

 

Selebritynews.id-KARANGASEM | Ketua Badan Pengelola Taman Tirta Gangga Karangasem, Anak Agung Made Kosalia resmi membuka
Tirta Gangga Fest 2024 resmi, yang ditandai pemukulan gong di Taman Tirta Gangga Karangasem, Sabtu, 14 September 2024.

Turut hadir, Manggala Puri Agung Karangasem, Anak Agung Bagus Partha Wijaya dan Ketua Panitia Tirta Gangga Fest 2024 Anak Agung Bagus Surya Dharma Jelantik beserta para undangannya.

Istimewanya, Tirta Gangga Fest 2024 dihadiri langsung oleh Bupati Karangasem, I Gede Dana yang menyambut baik digelarnya Tirta Gangga Fest 2024, karena dapat menjadi sarana promosi, untuk mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan ke Taman Tirta Gangga Karangasem.

“Saya ucapkan banyak terima kasih kepada Penglingsir dan Tokoh Puri Agung Karangasem yang melaksanakan Tirta Gangga Fest 2024. Itu sangat bagus, untuk menggali dan meningkatkan potensi seni dan budaya di Karangasem, terutama seni, adat dan budaya tradisional Asak tadi yang ditampilkan,” terangnya.

Pada kesempatan tersebut, Manggala Puri Agung Karangasem, Anak Agung Bagus Partha Wijaya menyatakan, bahwa Tirta Gangga Fest 2024 mengambil tema Angripta Tirta Ikanang Lango yang artinya memuliakan air sebagai sumber kehidupan dari sisi keindahannya.

Menariknya, acara ini menampilkan seni budaya yang berasal dari Karangasem.

“Ada juga lomba Blaganjur Ngarap dan juga ada seni budaya tradisional Asak dan juga musik modern, seperti band,” terangnya.

Selain meningkatkan daya tarik wisatawan, lanjutnya Tirta Gangga Fest 2024 juga lebih peduli dengan lingkungan sekitar melalui sejumlah kegiatan, yang salah satunya berupa Bakti Sosial.

“Mudah-mudahan dengan adanya Tirta Gangga Fest lebih dikenal lagi hingga menjadi salah satu Festival Ikonik di Bali Timur,” paparnya.

Patut diketahui, bahwa Taman Tirta Gangga merupakan salah satu peninggalan kerajaan Karangasem yang dibangun pada tahun 1948 oleh Raja Karangasem yang terakhir, yaitu Ida Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem.

“Kami sekarang keturunannya dari Puri Agung Karangasem mengembangkan sebagai pusat wisata Heritage yang merupakan peninggalan bersejarah bagi Keluarga Besar Puri Agung Karangasem,” urainya.

Hal senada juga dikatakan Ketua Badan Pengelola Taman Tirta Gangga Karangasem, Anak Agung Made Kosalia, yang menyampaikan, bahwa Tirta Gangga Fest 2024 ini bertujuan untuk menarik lebih banyak wisatawan datang ke Taman Tirta Gangga Karangasem, sesuai dengan tema “Angripta Tirta Ikanang Lango” berarti Tirta Gangga sebagai Istana Taman Air yang merupakan sebuah obyek pariwisata dihiasi kolam-kolam berisi air.

“Jadi, kita memuliakan air sebagai sumber kehidupan dari sisi keindahannya, dan juga bisa meningkatkan ekonomi dari segi pariwisata, karena jumlah kunjungan wisatawan itu semakin banyak datang ke Taman Tirta Gangga,” tambahnya.

Meski demikian, pihaknya selaku generasi penerus dari Puri Agung Karangasem berupaya untuk melestarikan seni budaya yang sudah diwariskan dari para pendahulu.

“Kami berusaha saat ini, meningkatkan kualitas dari segi pelayanan kepada wisatawan yang berkunjung ke Taman Tirta Gangga. Dengan pelayanan dan kenyamanan yang terbaik, kita bisa memberikan nilai tambah buat wisatawan,” kata Agung Kosalia.

Tak hanya itu, pihaknya berupaya menghidupkan pariwisata di Kabupaten Karangasem dengan menyelenggarakan Tirta Gangga Fest 2024 meliputi Festival Seni Budaya seperti ini, yang bertujuan untuk menarik wisatawan datang ke Bali Timur.

“Sebelumnya, jumlah kunjungan wisatawan ke Taman Tirta Gangga sudah tinggi, tapi kita selalu ingin terus berbenah untuk menambah lagi jumlah kunjungan wisatawan di Karangasem,” tambahnya.

Melalui Tirta Gangga Fest 2024, lanjutnya ternyata berdampak positif bagi obyek-obyek wisata lainnya yang berada di Kabupaten Karangasem.

Tak hanya itu, lanjutnya Festival Seni Budaya ini dianggap sebagai titik awal diselenggarakan Tirta Gangga Fest 2024 secara swadaya oleh Badan Pengelola Taman Tirta Gangga Karangasem yang bernaung dibawah Puri Agung Karangasem.

“Inilah tujuannya, kami sebagai pengelola Taman Tirta Gangga Karangasem selalu berbenah dan berbuat sesuatu, supaya wisatawan datang ke Bali Timur,” pungkasnya. (ace).

#TAMAN TIRTA GANGGA KARANGASEM #TIRTA GANGGA FEST 2024 #SENI BUDAYA #TRADISIONAL #MODERN #SWADAYA

Berita Terkait

Film Home Sweet Loan Kisah Perjuangan Hidup Dan Mengejar Impian
The Gade Fest 2024: Pegadaian Dorong Kesejahteraan Karyawan Melalui Ajang Olahraga dan Seni
Anambas Muda Menggugat Geruduk PT.Medco E&P Natuna tuntut Hak Daerah Soal CSR dan PI 10%
KSB MADANI ADAKAN GIAT PERDULI LINGKUNGAN
Fajar Gomez Ambil Peran Film Action Tanpa Indahkan Nasehat Dokter Soal Kesehatan. Ini Soal Dedikasi Terhadap Akting
Ksatria Muda Shooting Club Gelar Bintang Fun & Games Airsoftgun 2024: Mencetak Atlet Super Junior Berprestasi
Band Anyar Asal Palembang ‘Dpaken’ Luncurkan Single Cerita Cinta gandeng Meista Lomania
Film “Danyang: Mahar Tukar Nyawa” Terinspirasi dari Kisah Nyata Pesugihan dan Tukar Tumbal. Tayang di Bioskop 7 November 2024

Berita Terkait

Rabu, 18 September 2024 - 19:12

Film Home Sweet Loan Kisah Perjuangan Hidup Dan Mengejar Impian

Rabu, 18 September 2024 - 14:55

The Gade Fest 2024: Pegadaian Dorong Kesejahteraan Karyawan Melalui Ajang Olahraga dan Seni

Rabu, 18 September 2024 - 14:42

Anambas Muda Menggugat Geruduk PT.Medco E&P Natuna tuntut Hak Daerah Soal CSR dan PI 10%

Rabu, 18 September 2024 - 13:14

KSB MADANI ADAKAN GIAT PERDULI LINGKUNGAN

Rabu, 18 September 2024 - 10:31

Fajar Gomez Ambil Peran Film Action Tanpa Indahkan Nasehat Dokter Soal Kesehatan. Ini Soal Dedikasi Terhadap Akting

Berita Terbaru

Selebrity

KSB MADANI ADAKAN GIAT PERDULI LINGKUNGAN

Rabu, 18 Sep 2024 - 13:14