Pameran SIAL Interfood 2023 Dimeriahkan 895 Perusahaan Dari 20 Negara

Kamis, 2 November 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Konferensi Pers Pameran SIAL Interfood 2023 Dimeriahkan oleh 895Perusahaan dari 20 Negara (Foto: Dok.Shanty Rd)

JAKARTA, Selebritynews.id – The Global Food Marketplace atau Salon International de I’alimentation (SIAL Interfood) ke 24 akan kembali di gelar. Pameran berskala Internasional ini digelar di Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta, pada tanggal 8-11 November 2023. Pameran ini diselenggarakan bertepatan dengan bersamaan Pameran Seafood Show Asia Expo 2023 dan INAShop Expo 2023.

SIAL Interfood 2023 merupakan platform Bisnis to Bisnis (B2B) untuk mempromosikan produk, melakukan bisnis dan mencari solusi untuk kebutuhan bisnis.

Pameran ini memamerkan beberapa inovasi baru dalam industri pengolahan makanan dan minuman antara lain produk susu, telur, keju, daging, ikan dan produk hasil laut, buah dan sayuran, produk bakery, ingredients cokelat, kopi dan teh, gelato dan es krim, minuman beralkohol, non alkohol, dan lainnya. Mesin mesin pengolahan dengan teknologi terbaru di dunia industri makanan dan minuman juga akan ditampilkan.

Daud D Salim sebagai CEO Krista Exhibitions mengatakan bahwa, “Kami bangga dapat menyelenggarakan pameran SIAL Interfood 2023, karena ini merupakan barometer untuk mendorong bangkitnya industri makanan minuman dan HORECA di Tanah Air.

Sebanyak 895 perusahaan ikut berpartisipasi dalam pameran ini diantaranya terdapat 100 UMKM. Peserta yang berasal dari 20 negara lain seperti : Bulgaria, Indonesia , Pakistan, China, Singapore , Malaysia , Greece, Jordan , Turkiye, Thailand, Vietnam , South Korea, Taiwan, Polandia, United Arab Emirates, India, Tunisia, Belanda, Saudi Arabia, Pakistan. Target pengunjung selama 4hari pameran berlangsung sebesar 85.000, tambah Daud

Daud juga menambahkan bahwa pameran SIAL Interfood ini diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan industri makanan dan minuman di Indonesia akan go global di mancanegara, dengan menampilkan berbagai inovasi baru makanan, minuman, jasa boga dan bakery,” Selasa (01/11/2023) di Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat.

Dukungan dari Kementerian Perdagangan Republik Indonesia terhadap SIAL Interfood 2023 merupakan wadah bagi Indonesia Spice Up the World (ISUTW). Ini merupakan program bersama antar lintas kementerian/lembaga untuk mendukung peningkatan kontribusi dan nilai tambah sub sektor kuliner bagi perekonomian nasional.

Di sisi lain, Plh. Direktur Pengembangan Ekspor Produk Primer Kementerian Perdagangan RI Miftah Farid menyampaikan Kemendag mendukung pelaksanaan SIAL Interfood ke-24 mendatang. Bentuk dukungannya dengan menghadirkan Paviliun Indonesia yang menampilkan berbagai produk makanan dan minuman.

Produk tersebut berasal dari sepuluh pelaku usaha kecil dan menengah (UKM). Melalui keikutsertaan Kemendag dan fasilitasi UKM, diharapkan akan semakin banyak UKM yang berorientasi ekspor, sehingga dapat merambah pasar global.

“Tahun ini, Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag memfasilitasi sepuluh pelaku usaha UKM berorientasi ekspor yang dipilih melalui proses kurasi untuk berpartisipasi pada SIAL Interfood 2023. Kami harap, produk-produk yang dipamerkan dapat menarik minat para pembeli, menghasilkan kontrak bisnis, dan mendorong peningkatan ekspor nonmigas Indonesia,” jelasnya.

Susanty Widjaya selaku Ketua ASENSI dalam keterangannya menjelaskan bahwa,
“Program ini memiliki target peningkatan jumlah ekspor bumbu/rempah sebesar USD 2 miliar dan mendorong 4.000 restoran Indonesia go international di mancanegara pada 2024”.

Rangkaian acara yang ditampilkan bekerja sama dengan berbagai Organisasi, Asosiasi, pakar di bidang industri makanan dan minuman terkemuka, chef, juga praktisi di bidang kuliner dan gastronomi bertaraf internasional. Berbagai program menarik yang akan di sajikan seperti Indonesia Coffee Art Battle, merupakan perayaan bagi para pelaku Industri kopi tanah air mulai dari hulu hingga hilir. Menghadirkan: pasar kopi, coffee competition, coffee village. Ada juga kompetisi memasak tahunan berskala Internasional yang diikuti lebih dari 600 peserta, yang bertajuk La Cuisine 2023 dan diselenggarakan oleh Association Cullinary Profesionals (ACP) dan masih banyak lagi acara di SIAL Interfood 2023, tutur Susanty

Sebagai informasi tambahan kesuksesan SIAL linterfood 2023 adalah berkat dukungan Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia bersama dukungan berbagai asosiasi terkemuka seperti Gabungan Produsen Makanan Minuman (GAPMMI), Asosiasi Lisensi Indonesia (ASENSI), Association of Culinary Professionals (ACP), Asosiasi Pengusaha Pengolahan Dan Pemasaran Produk Perikanan Indonesia (APSI), Asosiasi Rantai Pendingin Indonesia (ARPI), Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo), Asosiasi Artisan Teh Indonesia (ARTI), Dewan Kopi Indonesia (DEKOPI), Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia (AEKI), Perkumpulan Petani dan Penggiat Kopi Indonesia ( Asosiasi Kopi Indonesia ASKI ), Federasi Pengemasan Indonesia (IPF).

Pameran Sial Interfood 2023 terbuka untuk umum dan setiap pengunjung yang ingin masuk ke arena pameran akan dikenakan biaya registrasi sebesar Rp 150.000. Dari pembayaran tersebut nantinya pengunjung akan mendapatkan akses selama empat hari di semua kawasan pameran Sial Interfood 2023, termasuk arena kompetisi memasak.(Shanty Rd)

Berita Terkait

SYUKURAN PEMBERKATAN PATUNG YESUS KRISTUS PENYELAMAT SIBEABEA,BUPATI SAMOSIR : PENATAAN SIBEABEA MASIH TERUS BERLANJUT MELALUI SINERGITAS PEMKAB SAMOSIR DENGAN PEMERINTAH ATASAN
Konser John Legend Siap Digelar 6 Oktober 2024 di SICC Bogor
BNN Badung: Momentum Ulang Tahun Untuk Wujudkan Kabupaten Badung Bersinar
Rifani Siap Perform Menggebrak Panggung ID Fest 2024
STM FAOMA KHODA,masyarakat Nias memberikan dukungan kepada EDY&HASAN,untuk jadi Gubernur Sumatra Utara
Selain Ajarkan Sehat Rohani, Kanjeng Romo K.H. Abdul Madjid Ali Fikri, RA. Juga Ajarkan Sehat Jasmani. 
Bitcoin Drops to $53,000 Due to ETF Sell Pressure Heading Into the Weekend
Relawan Dulur Andra Soni Deklarasi Dukungan, Bergerak Total Jemput Kemenangan

Berita Terkait

Kamis, 19 September 2024 - 21:17

SYUKURAN PEMBERKATAN PATUNG YESUS KRISTUS PENYELAMAT SIBEABEA,BUPATI SAMOSIR : PENATAAN SIBEABEA MASIH TERUS BERLANJUT MELALUI SINERGITAS PEMKAB SAMOSIR DENGAN PEMERINTAH ATASAN

Kamis, 19 September 2024 - 20:34

Konser John Legend Siap Digelar 6 Oktober 2024 di SICC Bogor

Kamis, 19 September 2024 - 20:12

BNN Badung: Momentum Ulang Tahun Untuk Wujudkan Kabupaten Badung Bersinar

Kamis, 19 September 2024 - 10:56

STM FAOMA KHODA,masyarakat Nias memberikan dukungan kepada EDY&HASAN,untuk jadi Gubernur Sumatra Utara

Kamis, 19 September 2024 - 10:21

Selain Ajarkan Sehat Rohani, Kanjeng Romo K.H. Abdul Madjid Ali Fikri, RA. Juga Ajarkan Sehat Jasmani. 

Berita Terbaru