Taman Sakura Surabaya, Keindahan yang Bermula dari Tempat Pembuangan Sampah

Sabtu, 12 Oktober 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Sebagai salah satu kota besar, Surabaya terkenal panas dan memiliki tingkat polusi yang tinggi. Untuk menanggulangi masalah tersebut, pemerintah Surabaya menggalakkan penyediaan ruang terbuka hijau (RTH). Salah satunya adalah dengan membuat Taman Sakura Surabaya.

Saat mendengar nama sakura, mungkin Anda membayangkan berada di sebuah taman yang dipenuhi bunga sakura seperti di Jepang. Namun, nama sakura ini dipilih hanya untuk menunjukkan bahwa taman ini dihiasi beraneka bunga yang indah. Selain itu, memang ada satu jenis bunga yang mirip dengan bunga sakura dan merupakan ikon dari taman ini, yaitu bunga tabebuya. Tanaman ini dianggap sebagai bunga sakuranya Surabaya.

Awal Mula Berdiri

Taman Sakura dikenal juga dengan sebutan Taman Harmoni. Taman yang berlokasi di Keputih, Kecamatan Sukolilo ini merupakan taman terbesar di Surabaya. Meskipun sekarang dipenuhi bunga-bunga dan pepohonan, sebenarnya taman ini dulunya adalah sebuah tempat pembuangan akhir sampah (TPA).

Ketika lokasi TPA dipindah ke daerah Benowo, pemerintah menyulap lahan bekas TPA ini menjadi sebuah taman. Kini tempat itu telah berubah menjadi taman yang indah dan destinasi rekreasi yang murah meriah. Untuk memasuki Taman Sakura, pengunjung tidak dikenakan biaya alias gratis. Taman yang buka 24 jam ini juga merupakan salah satu paru-paru ibukota Jawa Timur.

Daya Tarik Taman Sakura Surabaya

Sebagai taman terbesar di Surabaya, tentu saja Taman Sakura memiliki keunggulan yang menarik pengunjung untuk datang. Berikut ini adalah beberapa daya tarik Taman Sakura Surabaya.

1. Memiliki Beraneka Bunga yang Indah
Daya tarik utama Taman Sakura adalah adanya tanaman tabebuya. Kelebihan tanaman ini yaitu pohonnya tidak terlalu tinggi, daun dan bunganya tidak mudah rontok, memiliki beragam warna seperti pink, putih, ungu, kuning, dan akarnya tidak merusak tembok.

Selain tanaman tabebuya, ada juga beraneka bunga lainnya yang ditanam sesuai dengan jenis dan warna. Ada bunga pagoda, bunga matahari, bunga bungur, bunga jacaranda, dan masih banyak lagi jenis bunga lainnya. Bunga-bunga tersebut dikelompokkan dalam blok-blok sesuai warnanya, seperti putih, pink, ungu, merah, kuning, magenta, dan oranye. Semua tertata rapi dan indah memesona.

2. Taman Bermain Anak
Selain beraneka bunga, Taman Sakura juga dilengkapi dengan beragam permainan di area playground. Ada ayunan, jungkat-jungkit, seluncuran, dan berbagai mainan lain yang pasti akan membuat si kecil betah berlama-lama di taman ini.

3. Sentra Kuliner
Jalan-jalan masih belum lengkap jika belum mencicipi sajian kulinernya. Nah, di Taman Sakura pun tersedia sentra kuliner untuk menemani perjalanan wisata Anda dan keluarga. Ada beragam pilihan menu dengan harga yang ramah di kantong.

4. Spot Foto Instagenic
Warna-warni bunga yang cantik sangat cocok untuk dijadikan sebagai latar belakang foto. Anda dapat memilih banyak angle untuk mendapatkan foto terbaik. Tempat ini juga banyak diburu oleh kaum muda untuk foto pranikah, terutama di wilayah hutan bambu yang berada satu lokasi dengan Taman Sakura ini.

Itulah beberapa daya tarik Taman Sakura Surabaya, sebuah keindahan yang bermula dari tempat pembuangan akhir sampah. Apakah Anda juga tertarik untuk menjelajah Taman Sakura? Jika Anda datang berkunjung, ingatlah untuk tetap menjaga kebersihan dan keutuhan taman, ya.

Berita Terkait

Hotel dan Resor Accor di Lebih dari 30 Destinasi di Indonesia Menyelenggarakan Acara Bertema Batik Sepanjang Bulan Oktober
TK PGRI 5 Raga Patmi Pulau Mandangin Ramaikan Sampang Water Park
Dampingi Putri Kesayangan di SWPSC, Warga Selong Ini Berharap Kelak Anaknya Jadi Atlit Renang Handal
Libur Maulid, Santri Dari PP Jerboyo Kediri Kunjungi Sampang Water Park
Warga Barisan Indah Rutin Berenang di Kolam Sampang Water Park Untuk Therapy Saraf Kejepit
Istana Balon Sampang Water Park Disukai Warga Galis Bangkalan Madura
Manfaatkan Libur Minggu, UPTD Sdn.Pangongseyan 2 Kecamatan Torjun Pilih Sampang Water Park Sebagai Tujuan Wisata Favorit
Mi Mambaul Ulum 3 Sumber Bulangan Tobai Timur Sokobanah Manfaatkan Libur Maulid Nabi SAW ke Sampang Water Park

Berita Terkait

Sabtu, 12 Oktober 2024 - 20:00

Taman Sakura Surabaya, Keindahan yang Bermula dari Tempat Pembuangan Sampah

Rabu, 2 Oktober 2024 - 13:38

Hotel dan Resor Accor di Lebih dari 30 Destinasi di Indonesia Menyelenggarakan Acara Bertema Batik Sepanjang Bulan Oktober

Senin, 30 September 2024 - 10:34

TK PGRI 5 Raga Patmi Pulau Mandangin Ramaikan Sampang Water Park

Rabu, 25 September 2024 - 13:27

Dampingi Putri Kesayangan di SWPSC, Warga Selong Ini Berharap Kelak Anaknya Jadi Atlit Renang Handal

Senin, 23 September 2024 - 10:20

Libur Maulid, Santri Dari PP Jerboyo Kediri Kunjungi Sampang Water Park

Berita Terbaru