Jangan Sampai Keliru, Ini Perbedaan Batik Tulis dan Batik Cap

Selasa, 22 Oktober 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Batik adalah kain tenun tradisional khas Indonesia yang merupakan warisan budaya bangsa. Kesenian ini sudah dikenal hingga ke berbagai penjuru dunia.

Batik sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, di antaranya yaitu batik tulis dan batik cap. Seperti namanya, batik tulis dibuat oleh perajin batik dengan cara ditulis menggunakan canting. Sedangkan motif batik cap dibuat dengan alat cap khusus.

Jika hanya melihat sekilas, kedua jenis batik ini memang susah untuk dibedakan. Namun, dengan sedikit ketelitian dan kejelian, kita akan dapat menemukan perbedaan antara kain batik tulis dengan batik cap dari berbagai sisi.

Berikut ini adalah 6 perbedaan antara batik tulis dengan batik cap yang perlu Anda ketahui. Jangan sampai keliru, ya!

1. Motif
Perbedaan batik tulis dan batik cap dapat dilihat dari kerapian motifnya. Motif batik cap terlihat lebih rapi dan terstruktur karena dalam pembuatannya menggunakan pola cetakan yang sudah ditentukan. Sedangkan motif batik tulis digambar manual sehingga garis-garisnya tidak akan serapi batik cap dan sesuai dengan desain yang diinginkan. Selain itu, motif yang dibuat dengan teknik batik tulis cenderung lebih bervariasi dan tidak ada pengulangan.

2. Warna Dasar Kain
Biasanya batik tulis memiliki warna dasar kain yang lebih muda dibandingkan warna pada motifnya. Sedangkan warna dasar pada kain batik cap umumnya lebih tua dibandingkan warna yang menempel pada motifnya.

3. Tinta atau Lilin Batik
Kain batik yang diproses menggunakan lilin malam dengan teknik batik tulis akan tembus ke belakang. Sehingga kedua sisi kain akan memiliki motif yang sama persis. Sementara lilin batik pada batik cap tidak sepenuhnya menembus sisi kain sehingga bentuk motifnya tidak akan sejelas permukaan kain lainnya.

4. Aroma
Batik cap akan mengeluarkan aroma kain yang lebih menyengat. Sedangkan batik tulis cenderung mengeluarkan aroma khas dari lilin batik atau malam yang tidak terlalu menyengat.

5. Hasil Akhir Batik
Jika dilihat dengan cermat, pada kain batik tulis, setiap awal dan akhir mengeblok lilin dengan canting, pasti ada tetesan yang lebih besar. Hal ini karena pembuatan batik tulis dilakukan secara manual menggunakan tangan. Pada batik cap, hasilnya lebih rapi dan tidak akan muncul tetesan yang lebih besar karena bentuk motif yang permanen dan takaran lilin yang sama.

6. Harga Batik
Batik tulis sudah pasti memiliki harga jual yang lebih tinggi dibanding batik cap yang biasa dijual dengan harga lebih terjangkau. Hal ini disebabkan oleh lamanya proses pembuatan batik tulis dibandingkan batik cap, serta nilai seni yang terkandung di dalamnya.

Nah, demikianlah penjelasan tentang 6 perbedaan batik tulis dan batik cap. Bagaimana, mudah bukan? Jadi, sekarang Anda tidak akan bingung lagi dalam membedakan antara batik tulis dengan batik cap. Semoga bermanfaat.

Berita Terkait

Undokai, Upaya Menjaga Kesehatan dan Melatih Kerja Sama
Pemkab Samosir Gelar Festival Pesta Budaya Panggung Empat Warna
PERINGATI HARI ULOS NASIONAL, JAJARAN PEMKAB SAMOSIR KOMPAK PAKAI ULOS DAN BATIK MOTIF ULOS
Tips Memilih Pakaian Agar Terlihat Langsing
Sejarah Batik Tulis dan Batik Cap di Indonesia
Ketum PSBI Efendi Simbolon Berikan Doa Ke Vandiko Timotius Gultom ST Menjadi Bupati Samosir Periode Kedua
6 Jenis Kain Ini Mudah Menyerap Keringat, Pilihan Tepat Saat Cuaca Panas
Hotel dan Resor Accor di Lebih dari 30 Destinasi di Indonesia Menyelenggarakan Acara Bertema Batik Sepanjang Bulan Oktober

Berita Terkait

Selasa, 22 Oktober 2024 - 21:53

Jangan Sampai Keliru, Ini Perbedaan Batik Tulis dan Batik Cap

Senin, 21 Oktober 2024 - 22:29

Undokai, Upaya Menjaga Kesehatan dan Melatih Kerja Sama

Jumat, 18 Oktober 2024 - 21:40

Pemkab Samosir Gelar Festival Pesta Budaya Panggung Empat Warna

Kamis, 17 Oktober 2024 - 18:02

PERINGATI HARI ULOS NASIONAL, JAJARAN PEMKAB SAMOSIR KOMPAK PAKAI ULOS DAN BATIK MOTIF ULOS

Rabu, 16 Oktober 2024 - 21:22

Tips Memilih Pakaian Agar Terlihat Langsing

Berita Terbaru

Event

Perayaan 10 Tahun JCI Badung Bali

Rabu, 23 Okt 2024 - 12:00