Optimalkan Layanan Pelanggan Selama Ramadan dengan Qiscus AI

Minggu, 2 Maret 2025

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Qiscus, perusahaan teknologi penyedia platform omnichannel customer engagement berbasis artificial intelligence (AI) untuk bisnis menghadirkan solusi yang mampu mengoptimalkan pengalaman pelanggan selama Ramadan.

Jakarta, 26 Februari 2025 – Qiscus, perusahaan teknologi penyedia platform omnichannel customer engagement berbasis artificial intelligence (AI) untuk bisnis menghadirkan solusi yang mampu mengoptimalkan pengalaman pelanggan selama Ramadan. Hal ini menjadi tanggapan Qiscus seiring meningkatnya ekspektasi pelanggan terhadap interaksi yang cepat dan personal, dimana bisnis semakin menyadari bahwa layanan pelanggan bukan sekadar pelengkap, tetapi faktor kunci dalam pertumbuhan dan diferensiasi bisnis.

Menurut studi Ramadan terbaru yang dilakukan oleh Meta, sebanyak 94% pelanggan merasa lebih terhubung dengan bisnis atau brand melalui pesan instan (instant messaging). Studi ini juga menyoroti bahwa kata kunci utama selama Ramadan tahun 2025 ini adalah positive, encouraging, dan people-first.

Layanan pelanggan pun harus mencerminkan tiga aspek ini—memberikan pengalaman yang positif, mendorong interaksi yang lebih baik, dan tetap menghadirkan human touch meskipun menggunakan bantuan AI. Selain itu, studi ini juga mengungkap bahwa platform Meta, yakni Facebook, Instagram, dan WhatsApp, masih menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia untuk tetap terhubung dengan teman dan keluarga, menemukan konten serta hiburan, hingga berbelanja selama Ramadan.

Sebagai partner resmi Meta, Qiscus memiliki solusi berbasis AI yang mampu mengantisipasi tren tersebut, yaitu melalui Qiscus AI. Dengan AI Agent yang dikembangkan, bisnis dapat memastikan respons lebih cepat, interaksi lebih intuitif, serta bantuan yang lebih akurat, tanpa menghilangkan nilai personalisasi atau persona brand. Teknologi ini memungkinkan otomatisasi pada pertanyaan berulang, deteksi emosi pelanggan untuk respons yang lebih empatik, serta asistensi bagi agen manusia agar dapat menemukan jawaban yang lebih cepat dan sesuai dengan identitas brand.

“Ramadan bukan sekadar peak season bagi bisnis, tetapi juga momen krusial untuk membangun loyalitas pelanggan. Dalam lonjakan interaksi ini, pelanggan menginginkan pelayanan yang lebih cepat, responsif, dan tetap personal. Karena itulah, kami mengoptimalkan AI Agent dari Qiscus, bukan untuk menggantikan agen manusia, tetapi untuk memperkuat mereka—memastikan setiap interaksi tetap bernilai dan meaningful,” ujar Evan Purnama, CPMO & Co-founder Qiscus, menanggapi peran AI dalam layanan pelanggan yang mumpuni.

Pada tahun sebelumnya, Qiscus sudah meraih pencapaian gemilang dengan penghargaan TOP DIGITAL Implementation 2024 #Stars 5 dan TOP Leader on Digital Implementation 2024 untuk ketiga kalinya secara berturut-turut. Selain itu, Qiscus juga mendapatkan pengakuan dari Kementerian UMKM Republik Indonesia dengan memenangkan Anugerah Bangga Buatan Indonesia 2024. Pencapaian ini semakin memperkuat peran Qiscus dalam mendukung transformasi digital di ranah AI, terutama dalam layanan pelanggan ke depannya.

Dengan inovasi yang terus berkembang, Qiscus berkomitmen untuk menjadi mitra strategis bagi bisnis di Indonesia dalam menghadirkan layanan pelanggan yang lebih intuitif, efisien, dan tetap humanis. Hal ini ditunjukkan melalui solusi messaging bisnis terintegrasi berbasis AI dimana bisnis bisa berkomunikasi dengan pelanggan secara seamless di berbagai platform populer, seperti WhatsApp, Instagram, Facebook, Email, Ticketing, dan masih banyak lagi.

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES

Berita Terkait

Krakatau Steel Tegaskan Komitmen Swasembada Baja Nasional
INDUSTRY VISIT INDIGO 2025: Mahasiswa SATU University Belajar Langsung dari Pelaku Industri Startup Digital
Dukung Kebijakan ODOL dan Efisiensi Infrastruktur Nasional, KAI Logistik Catatkan Rekor Angkutan Kereta Api Kontainer
Jasa Penukaran IDR ke USDT, USDC & Rial Arab via OTC
Sukses Digelar! FUTUREX 2025 SATU University Hadirkan Inspirasi dan Peluang untuk Ratusan Siswa SMA di Bandung
From Payroll to Page One: Dailyn Dilag-Ociel Named Best SEO Expert in Polomolok, South Cotabato
Kebiasaan Sederhana yang Bisa Kurangi Risiko Kebakaran
XRP News Today! XRP to Explode Past $25 or Plummet Below $1? Here’s the Analysis

Berita Terkait

Selasa, 17 Juni 2025 - 11:26

Krakatau Steel Tegaskan Komitmen Swasembada Baja Nasional

Selasa, 17 Juni 2025 - 10:57

INDUSTRY VISIT INDIGO 2025: Mahasiswa SATU University Belajar Langsung dari Pelaku Industri Startup Digital

Selasa, 17 Juni 2025 - 10:35

Dukung Kebijakan ODOL dan Efisiensi Infrastruktur Nasional, KAI Logistik Catatkan Rekor Angkutan Kereta Api Kontainer

Selasa, 17 Juni 2025 - 10:10

Jasa Penukaran IDR ke USDT, USDC & Rial Arab via OTC

Selasa, 17 Juni 2025 - 09:36

Sukses Digelar! FUTUREX 2025 SATU University Hadirkan Inspirasi dan Peluang untuk Ratusan Siswa SMA di Bandung

Berita Terbaru

Event

Jasa Penukaran IDR ke USDT, USDC & Rial Arab via OTC

Selasa, 17 Jun 2025 - 10:10