Pemalang – Guna melindungi warganya yang akan bekerja di sektor perikanan laut berbendera Taiwan, Pemkab Pemalang mendorong Forum Group Diskusi (FGD) yang diinisiatif IMCAA (Indonesia Maritime Crewing Agents Association).

Plt Bupati Pemalang Mansur Hidayat saat membuka kegiatan tersebut berharap dapat membantu Pemkab terutama para calon pekerja perikanan yang akan bekerja di luar negeri, agar bisa memahami dan mengerti tentang pedoman, kebijakan maupun aturan yang berlaku bagi para pekerja migran di sektor perikanan laut yang akan bekerja pada Kapal berbendera Taiwan.

Selain itu, pihaknya berharap, kehadiran narasumber beserta stakeholders bidang tenaga kerja, dapat berdampak positif terhadap peningkatan kualitas pengelolaan pelayanan tenaga kerja Indonesia yang merupakan pahlawan devisa bagi negara.

“FGD ini terkait dengan awak kapal kita yang berlayar di kapal berbendera Taiwan, nanti ada diskusi terkait bagaimana pengamanan perlindungan terkait dengan awak kapal yang berlayar dengan bendera Taiwan. Narasumbernya langsung datang dari Taiwan ada asosiasi, profesor semua yang terkait,” ujarnya, di salah satu hotel di Pemalang, Senin (25/9/2023).

Menurut Mansur kegiatan ini bagian daripada dorongan pemerintah untuk bagaimana memberi perlindungan bagi awak kapal.

Dalam wawancara usai pembukaan Mansur meminta calon pekerja migran agar dapat memilih perusahaan yang legal, sehingga Pemerintah dapat mengontrol dan hadir untuk memberi perlindungan keamanan bagi pekerja migran.

“Masih banyak kegiatan yang legal – legal kalau ilegal kita tidak bisa mengontrol, ini bagian bagaimana kedepan awak kapal kita yang sesuai dengan aturan atau legal, sehingga negara pemerintah hadir untuk bagaimana keamanan dan perlindungan untuk awak kapal,” pungkasnya