Example 728x250
Terkini

SMPN 5 Jepara “Go Green School” Menuju Sekolah Adiwiyata Program KLH RI

95
×

SMPN 5 Jepara “Go Green School” Menuju Sekolah Adiwiyata Program KLH RI

Sebarkan artikel ini

Jepara, Selebritynews –  SMPN 5 beralamat di Jl. Kartini No.42, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah adalah salah satu sekolah favorit di Kabupaten Jepara.

Lisna Handayani, M.Pd., Kepala Sekolah SMPN 5 Jepara.

Lisna Handayani, M.Pd., Kepala Sekolah SMPN 5 yang didampingi oleh Drs. Sudar, M.Pd.I., dan Bagyo, S.Kom., Rabu (4/10/2023) menemui awak media di ruang kantornya, menginformasikan bahwa SMPN 5 Kabupaten Jepara adalah salah satu sekolah negeri yang bekerjasama dengan DLH atau Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jepara dalam program “Go Green School”.

Kegiatan ini sekaligus bertujuan meningkatkan pengetahuan dan kepedulian siswa-siswi terhadap lingkungan.

“Program “Go Green School” SMPN 5 Jepara untuk menanamkan budaya bersih di sekolah melalui kegiatan pengumpulan sampah di sekitar sekolah dengan melibatkan siswa-siswi dan kegiatan lain yang penuh inovasi,” ungkap Lisna Handayani, Kepsek SMPN 5.

“Ini upaya kami untuk penilaian sebagai Sekolah Adiwiyata dari KLH RI dengan penerapan dan penanaman karakter peduli lingkungan kepada anak melalui gerakan 3 R (Reduce-Reuse-Recycle) di sekolah untuk membentuk kesadaran sejak dini agar peduli lingkungan hidup,” ujar Drs. Sudar.

Kegiatan meliputi reduce (mengurangi), reuse (menggunakan kembali), dan recycle (mendaur ulang).

Lisna Handayani, M.Pd., memberikan informasi bahwa SMP Negeri 5 Jepara merupakan salah satu Sekolah Penggerak berdasarkan keputusan Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Nomor: 7883/C/HK. 03.01/2022.

“Untuk itu SMP Negeri 5 terus berupaya agar bisa menjadi sekolah terbaik di Kabupaten Jepara dengan Visi : “Mewujudkan Generasi Berprestasi, Terampil, Berkarakter, dan Berwawasan Lingkungan.” ucap Lisna Handayani, M.Pd.

Adapun Brand SMP Negeri 5 Jepara adalah “Spenmara BerPRESTASI”, yang mana memiliki makna harfiah selalu berupaya meningkatkan prestasi baik bidang akademik dan nonakademik. Selain itu BerPRESTASI juga merupakan akronim dari Berorientasi pada peduli lingkungan, religius, beretika, smart, tangguh, adaptif, sinergis, dan inovatif.

Prestasi SMPN 5 Jepara

Prestasi yang diperoleh SMP Negeri 5 Jepara, diantaranya: Juara 1 Kejurda Pati Open, cabang tolak peluru, Juara 3 LCC Museum tingkat Kabupaten Jepara, Juara 1 Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) bidang Ilmu Pengetahuan, Teknik, dan Rekayasa, Juara 3 Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) bidang IPA dan Lingkungan, Juara 2 LBB, Juara 1 Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) tingkat Kabupaten Jepara, Juara 3 Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) tingkat Provinsi Jawa Tengah, Juara 2 Olimpiade IPS Kabupaten Jepara, Juara 2 Science Camp, Juara 2 Lomba Sekolah Sehat, Juara 3 Triathlon tingkat Nasional, Juara 2 Diathle (lari dan renang) tingkat Nasional, Juara 1 Science Fun.

Kemudian Lisna Handayani, M.Pd., memberikan keterangan terkait prestasi siswa-siswi SMPN 5 dalam Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Jateng yaitu: Juara 1 POPDA cabang tolak peluru, Juara 1 POPDA cabang lompat jauh, Juara 2 POPDA cabang handball, Juara 3 POPDA cabang Petaque, dan Juara 3 POPDA cabang bulu tangkis.

SMPN 5 Jepara Go Green School

SMP Negeri 5 Jepara juga merupakan pioneer sekolah yang peduli lingkungan. Ini sesuai dengan visi sekolah yaitu berwawasan lingkungan. Kepedulian terhadap sampah merupakan pembiasaan yang terus-menerus dilaksanakan di SMP Negeri 5 Jepara. Beberapa prestasi berkaitan dengan hal tersebut diantaranya: Juara 1 fashion show gaun daur ulang sampah (tahun 1917, 1918, 1919, 1922), Juara 1 lomba pengolahan sampah, dan Juara 2 lomba presentasi sampah.

Kegiatan dan prestasi yang ditorehkan oleh siswa-siswi SMPN 5 Jepara juga berkat kerjasama yang baik dan bantuan dari pengurus Komite Sekolah dan peran serta aktif dari orang tua siswa-siswi.

Sumber: Lisna Handayani, M.Pd.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *