Industri E-commerce Indonesia Terus Tumbuh Positif, Kolaborasi Dengan E-commerce Enabler Jadi Kunci

Selasa, 20 Februari 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Jakarta, 20 Februari 2024 – Perkembangan dan pertumbuhan industri e-commerce berpotensi menyentuh US$160 miliar (Rp2,51 kuadriliun) pada 2030 mendatang. Berkolaborasi dengan partner e-commerce enabler menjadi kunci untuk menangkap potensi pasar tersebut.

Pertumbuhan e-commerce di Indonesia dari tahun ke tahun terus meningkat. Menurut riset SEA e-Conomy 2023 dari Google, Temasek, dan Bain & Company menyebut gross merchandise value (GMV) e-commerce Indonesia di tahun 2023 menyentuh US$62 miliar (Rp975,3 triliun) dan berpotensi menyentuh US$160 miliar (Rp2,51 kuadriliun) pada 2030 mendatang.

Menurut Momentum Works, pada 2023 Indonesia termasuk negara dengan transaksi e-commerce tertinggi di kawasan Asia Tenggara menyumbang 52% total GMV di kawasan ini. Akan tetapi nilai transaksi e-commerce masih terbilang kecil dibanding ritel offline. Oosga menyebut di tahun 2022 transaksi e-commerce Indonesia hanya 3,42 persen dari transaksi ritel offline. Hal ini masih cukup jauh perbedaannya jika dibandingkan dengan Amerika Serikat yang sudah berada di angka 16,75 persen.

Hal ini membuktikan bahwa potensi pasar e-commerce Indonesia masih terbuka luas dan masih bisa dimaksimalkan lebih tinggi lagi. Untuk itulah Transcosmos Commerce sebagai salah satu e-commerce enabler terkemuka di Indonesia hadir untuk membantu brand memaksimalkan penjualan secara online dengan berfokus pada layanan holistik meliputi strategi penjualan hingga fulfilment.

Berikut tiga manfaat utama bekerja sama dengan e-commerce enabler untuk meningkatkan penjualan secara online:

1. Meningkatkan penjualan hingga 2 kali lipat

Objektif utama dari e-commerce enabler adalah membantu klien untuk meningkatkan penjualan secara online. Hal ini karena e-commerce enabler memiliki sumber daya yang profesional serta pengalaman yang sudah teruji di bidang ini.

Dengan sumber daya yang kompeten serta teknologi terdepan dalam meningkatkan penjualan, secara umum, rata-rata penjualan klien Transcosmos Commerce telah meningkat 2 kali lipat dalam 3 bulan. Penjualan yang meningkat tersebut tidak lepas dari strategi dan eksekusi iklan pada marketplace di mana secara rata-rata Return on ad spend (ROAS) di angka 21x.

2. Meningkatkan efisiensi proses logistik

Salah satu faktor yang membuat pelanggan loyal adalah pengalaman belanja yang berjalan dengan lancar dan cepat. Faktor ini sangat dipengaruhi oleh faktor logistik yang lancar. Menurut studi Voxware, sebanyak 69% konsumen tidak ingin belanja kembali jika barang yang dibeli tidak sampai dalam dua hari dari tanggal yang dijanjikan.

Dengan berpartner bersama e-commerce enabler terpercaya, Anda dapat meningkatkan efisiensi proses logistik ini. Transcosmos Commerce memiliki fulfillment store di area Jabodetabek dan telah berpartner dengan mitra logistik terpercaya sehingga Anda dapat meningkatkan efisiensi dari sisi logistik agar produk Anda dapat sampai ke tangan konsumen tepat waktu.

3. Lokalisasi konten 

Untuk brand internasional, salah satu tantangan ketika masuk ke pasar Indonesia adalah bagaimana konten dari materi pemasaran mereka dapat dilokalisasi dengan preferensi konsumen. Pelokalan konten tidak hanya soal bahasa, tetapi juga format dan desain, serta kepekaan budaya. Maka dari itu menjadi penting untuk dapat relevan dengan strategi lokalisasi konten.

Sebagian besar klien dari Transcosmos Commerce adalah brand internasional dengan reputasi dan kualitas terbaik di kelasnya. Seluruh konten serta strategi penjualan dapat dilokalisasi dengan baik sehingga cocok untuk pasar Indonesia.

Naoto Osada, Chief Executive Officer Transcosmos Commerce mengatakan, “Tren positif industri e-commerce Indonesia akan terus positif hingga beberapa tahun ke depan. Kami melihat masih banyak ruang bagi industri e-commerce Indonesia untuk bertumbuh dan hal menjadi peluang bagi brand global yang ingin meningkatkan ceruk pasar mereka dengan penetrasi di online. Kami berkomitmen untuk memberikan kualitas dan hasil terbaik demi bisa bertumbuh bersama para klien.”

Hal ini diamini oleh salah satu klien Transcosmos Commerce yakni Katsuo Kimoto, Chief Representative Roland Indonesia yang mengatakan “ Sejak Transcosmos Commerce mulai menjadi partner kami, dalam 3 bulan sudah membuktikan kemampuannya dengan meningkatkan penjualan jauh lebih tinggi dari partner lain. Tidak hanya meningkatkan penjualan, tetapi Transcosmos Commerce juga berkontribusi dalam menjaga citra merek kami sesuai dengan yang kami inginkan dengan profesionalitas yang tinggi dan layanan yang menyeluruh dari hulu hingga hilir kepada pengguna dan mitra kami.”

About PT Transcosmos Commerce

Transcosmos Commerce – Quality Driven E-Commerce Solution Transcosmos Commerce bagian dari Transcosmos Group, yang berpusat di Tokyo, Jepang dan tersebar ke lebih 29 negara. Transcosmos Commerce salah satu Ecommerce Enabler terkemuka yang beroperasi di Indonesia mendukung klien untuk memperluas dan mempercepat pertumbuhan penjualan online mereka. Sebagai Mitra Transformasi Digital Global, kami terbukti memberikan solusi dan strategi yang komprehensif.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Transcosmos Commerce dan dapatkan gratis konsultasi dengan tim ahli, silakan kunjungi situs web di www.tccm.co.id.

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES

Berita Terkait

Reuni Silaturahmi Tema “Setengah Abad Aneuk Lhoks92” Digelar 22 November 2025 di Banda Aceh
SPPG Resmikan Dapur Ketiga di Semper Barat untuk Dukung Gizi Nasional
PEMERINTAH KECAMATAN KEMIRI KABUPATEN TANGERANG MENGUCAPKAN
Dukung Transisi Energi, PLN Indonesia Power UBP Banten 3 Lontar dan Kelompok NOSATA Alumni Sekolah Khusus Negeri 01 Balaraja Wujudkan Konsep Membatik Ramah Lingkungan
Resmikan SPPG Sunter Agung 1 Program MBG, Ini Pesan Dandim 0502/JU Dony Gredinand
Survive the heat of the moment and outsmart the odds in the exhilarating chicken road game, where st
INTRO, Rintisan 2 Orang Muda yang Mumpuni di Tanjung Priok, Bakal Merajai One Stop Entertainment Tanah Air
Adna Oekon Bersama Label SSM Records Rilis Debut Single Kisruh Cinta, Bakal Hits di Radio!

Berita Terkait

Rabu, 17 September 2025 - 21:31

Reuni Silaturahmi Tema “Setengah Abad Aneuk Lhoks92” Digelar 22 November 2025 di Banda Aceh

Rabu, 17 September 2025 - 16:11

SPPG Resmikan Dapur Ketiga di Semper Barat untuk Dukung Gizi Nasional

Rabu, 17 September 2025 - 14:54

PEMERINTAH KECAMATAN KEMIRI KABUPATEN TANGERANG MENGUCAPKAN

Rabu, 17 September 2025 - 10:58

Dukung Transisi Energi, PLN Indonesia Power UBP Banten 3 Lontar dan Kelompok NOSATA Alumni Sekolah Khusus Negeri 01 Balaraja Wujudkan Konsep Membatik Ramah Lingkungan

Selasa, 16 September 2025 - 16:31

Resmikan SPPG Sunter Agung 1 Program MBG, Ini Pesan Dandim 0502/JU Dony Gredinand

Berita Terbaru