Plugo Hadirkan Layanan COD agar Seller Dapat Meningkatkan Kenyamanan Belanja Pembeli

Selasa, 27 Februari 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Fitur COD di PlugoStore sudah siap digunakan seller per Selasa (20/02/2024). Adanya layanan ini bertujuan membantu seller untuk dapat menyediakan pembayaran yang lebih beragam kepada para pembelinya.

COD atau cash on delivery adalah metode pembayaran yang memungkinkan pembeli untuk membayar setelah menerima barang. Jenis metode pembayaran ini sudah populer sejak dulu dan beberapa e-commerce juga menerapkan layanan ini.

Saat ini layanan COD bisa diaktifkan melalui dasbor seller PlugoStore yang berlangganan paket Basic, Business, atau Enterprise dan sudah mengaktifkan cashless shipping.

Tingkat Pembayaran COD Masih Sangat Tinggi di Indonesia

“COD ini masih jadi salah satu metode pembayaran paling diminati masyarakat Indonesia. Dengan mengaktifkan pengiriman dengan sistem bayar di tempat ini, diharapkan seller Plugo bisa menjangkau lebih banyak pelanggan dan otomatis meningkatkan penjualan.” Tutur Izki, Direktur PT Plugo Teknologi Indonesia.

COD atau Cash on Delivery adalah salah satu metode pembayaran e-commerce yang cukup populer di Indonesia. Berdasarkan Statistik eCommerce 2022/2023 dari Badan Pusat Statistik, sebanyak 82,26% transaksi di e-commerce menggunakan metode pembayaran COD.

Metode pembayaran lainnya adalah transfer bank sebanyak 13,03%, e-wallet sebanyak 4,11%, dan pembayaran dengan kartu sebanyak 0,60%. Berdasarkan angka ini tentu dapat disimpulkan bahwa Bayar di Tempat atau COD masih jauh memimpin dibandingkan dengan metode pembayaran lainnya.

Angka ini turun tidak jauh dari survei yang sama di tahun sebelumnya di mana ada sebanyak 83,11% menggunakan metode pembayaran COD ini.

Dilansir Databoks, survei lain dari Jakpat menemukan bahwa ada hingga 52% konsumen Indonesia yang menggunakan pembayaran COD. Alasan pemilihan COD ini beragam, sebanyak 73% responden memilih COD karena ingin memastikan barang diterima sebelum mereka membayar.

Lalu sebanyak 60% responden memilih COD karena menganggap metode pembayaran ini lebih sederhana dibanding yang lainnya. Selanjutnya adalah juga 30% responden yang memilih metode ini karena malas pergi ke ATM.

Sebagian kecil lainnya sebanyak 14% responden memilih membayar di tempat karena tidak melalui akun m-banking dan sebanyak 13% yang memilih COD karena tidak memiliki e-wallet. Sisanya hanya 2% responden yang menjawab alasan lain.

Meskipun jadi salah satu metode pembayaran favorit konsumen, tapi sebenarnya COD juga memiliki beberapa kelemahan yang dapat merugikan pihak kurir dan juga seller. Seperti adanya kasus di mana pelanggan menolak untuk membayar pesanan yang datang padahal sudah membuka paketnya.

Demi mencegah hal seperti ini, Plugo membuat aturan di mana pembeli baru dapat membuka paket setelah melakukan pembayaran ke kurir. “Dengan begini tentu kasus seperti pembeli membuka paket dan menolak untuk bayar bisa dihindari, ya. Jadi ini bisa meminimalisir kerugian untuk kurir dan seller” tambah Izki.

Seller PlugoStore dapat mengaktifkan layanan ini di pengaturan Metode Pengiriman. Layanan COD ini juga bisa dinonaktifkan di produk tertentu sehingga seller dapat memilih sendiri mana produk yang bisa dibayar dengan COD.

Bagi kamu seller toko online yang ingin memberikan pengalaman belanja terbaik untuk pelanggan, gabung di Plugo sekarang dan nikmati berbagai fitur yang dapat membantu kamu menjangkau lebih banyak pelanggan.

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES

Berita Terkait

BRI Region 6/Jakarta 1 dan PT Pelindo Regional 2 Sukses Gelar COMPASS: Ajak Karyawan Jadi “Kapten Keuangan” Melalui Perencanaan dan Tabungan Cerdas
Mahasiswa Program Animation BINUS UNIVERSITY Berpartisipasi dalam Produksi CG Anime One Piece Episode 1140
2025 Guangxi International Forest Products and Wood Products Exhibition & Concurrent Design ASEAN · 2025 Guangxi Design Show Kick Off in November
Join Training at PetroSync: Your ASME Journey Starts Here
MOLD Manila Launches “Glow Season” Skincare Campaign to Revolutionize Pre-Holiday Skin Prep
Kesempatan berkarir di BRI: BRI Region 6/Jakarta 1 Berpartisipasi dalam Job Fair Jakarta “Goes to Campus” di Universitas Negeri Jakarta
Apresiasi Loyalitas Korporasi, BRI Branch Office Kalimalang Region 6/Jakarta 1 Serahkan Hadiah Eksklusif kepada Nasabah Qlola PT. Ardhya Bumi Persada
Miraise announces “BIMORE Hair Care Straight Mist” hair growth product for curly hair and improved texture

Berita Terkait

Rabu, 29 Oktober 2025 - 20:09

BRI Region 6/Jakarta 1 dan PT Pelindo Regional 2 Sukses Gelar COMPASS: Ajak Karyawan Jadi “Kapten Keuangan” Melalui Perencanaan dan Tabungan Cerdas

Rabu, 29 Oktober 2025 - 14:50

Mahasiswa Program Animation BINUS UNIVERSITY Berpartisipasi dalam Produksi CG Anime One Piece Episode 1140

Rabu, 29 Oktober 2025 - 06:57

2025 Guangxi International Forest Products and Wood Products Exhibition & Concurrent Design ASEAN · 2025 Guangxi Design Show Kick Off in November

Selasa, 28 Oktober 2025 - 21:54

Join Training at PetroSync: Your ASME Journey Starts Here

Selasa, 28 Oktober 2025 - 20:39

Kesempatan berkarir di BRI: BRI Region 6/Jakarta 1 Berpartisipasi dalam Job Fair Jakarta “Goes to Campus” di Universitas Negeri Jakarta

Berita Terbaru