6 Jenis Kain Ini Mudah Menyerap Keringat, Pilihan Tepat Saat Cuaca Panas

Rabu, 9 Oktober 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Beberapa hari ini, cuaca panas melanda berbagai wilayah di Indonesia. Akibatnya, tubuh menjadi mudah sekali berkeringat. Tentu saja hal itu menimbulkan perasaan tidak nyaman, terutama ketika sedang bekerja atau beraktivitas di luar ruangan.

Karena itu, sebaiknya Anda memilih pakaian dengan bahan yang sejuk dan mudah menyerap keringat. Selain memberi kenyamanan, juga dapat mengurangi bau badan.

Sayangnya, tidak semua orang mengetahui jenis-jenis kain serta karakteristiknya. Berikut ini adalah beberapa jenis kain yang mudah menyerap keringat.

1. Katun
Katun adalah jenis kain yang paling populer untuk digunakan sebagai bahan pakaian. Serat alaminya dapat menyerap keringat dengan baik sehingga tetap nyaman meski dipakai seharian. Katun memiliki tekstur yang halus, sejuk, dan mudah menyerap keringat. Jenis kain ini juga nyaman di kulit dan tidak mudah menyebabkan iritasi. Banyak produk pakaian lokal yang menggunakan bahan katun karena sangat cocok dengan negara beriklim tropis seperti Indonesia.

2. Linen
Salah satu bahan pakaian yang sejuk dan mudah menyerap keringat adalah linen. Jenis kain ini mampu menyerap keringat dengan sirkulasi udara yang baik. Karena itu, linen sangat nyaman digunakan saat cuaca panas. Namun, bahan ini juga memiliki kekurangan, yaitu lebih mudah kusut. Biasanya, linen digunakan pada fashion wanita, seperti untuk atasan atau bahan kerudung.

3. Rayon
Jenis kain lainnya yang mudah menyerap keringat dan banyak digunakan adalah rayon. Bahan ini sangat lembut, sejuk, dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Selain nyaman di badan, rayon juga tidak mudah kusut, menjadikannya sebagai pilihan tepat untuk dipakai saat cuaca panas.

4. Jersey
Jersey memiliki bahan yang tipis, tekstur licin, dan jatuh di badan. Jenis kain ini terbuat dari berbagai bahan alami, seperti campuran wol, kapas, dan serat sintesis. Banyak orang yang menggunakan kain jersey untuk pakaian olahraga karena bahan ini elastis, terasa dingin di kulit, dan mampu menyerap keringat dengan baik. Kain jersey cocok digunakan oleh orang yang tinggal di iklim tropis seperti Indonesia.

5. Voile
Berikutnya ada kain voile yang sangat sejuk dan mudah menyerap keringat. Bahan ini memiliki karakteristik tipis dan transparan. Kain voile sering digunakan untuk membuat blus, gaun yang ringan, sampai bahan kerudung.

6. Chambray
Terakhir, jenis kain yang mudah menyerap keringat adalah chambray. Kain yang satu ini mungkin masih terdengar asing di telinga orang-orang, padahal chambray sebenarnya banyak digunakan pada produk pakaian seperti kemeja, celana panjang, hingga dress wanita. Kain ini memiliki karakteristik mirip denim, tapi lebih ringan, tipis, sejuk, tekstur yang lembut, dan mudah menyerap keringat. Karena itu, chambray sangat cocok dan nyaman dipakai saat cuaca panas.

Itulah 6 jenis kain yang mudah menyerap keringat serta karakteristiknya. Bahan-bahan tersebut merupakan pilihan tepat untuk dikenakan saat cuaca panas. Dengan memahami jenis-jenis kain, Anda bisa memilih bahan pakaian yang nyaman dan sesuai dengan cuaca serta kebutuhan Anda.

Berita Terkait

Hotel dan Resor Accor di Lebih dari 30 Destinasi di Indonesia Menyelenggarakan Acara Bertema Batik Sepanjang Bulan Oktober
Arisan Cinta Persahabatan
Fina Mairita Selebgram Berdayakan Masyarakat Untuk Berdikari
Launching Zahin Community 2024
Semarakan Dan Meriahkan HUT RI Ke – 79, Reni lovers dan Group Senam Rumah Sehat Putri, dan Group Lainnya Gelar Senam Sehat Zumba Party Bernuansa Merah Putih Di Lotte Grosir Medan

Berita Terkait

Rabu, 9 Oktober 2024 - 22:41

6 Jenis Kain Ini Mudah Menyerap Keringat, Pilihan Tepat Saat Cuaca Panas

Rabu, 2 Oktober 2024 - 13:38

Hotel dan Resor Accor di Lebih dari 30 Destinasi di Indonesia Menyelenggarakan Acara Bertema Batik Sepanjang Bulan Oktober

Minggu, 29 September 2024 - 17:36

Arisan Cinta Persahabatan

Minggu, 1 September 2024 - 10:53

Fina Mairita Selebgram Berdayakan Masyarakat Untuk Berdikari

Minggu, 1 September 2024 - 09:11

Launching Zahin Community 2024

Berita Terbaru