Undokai, Upaya Menjaga Kesehatan dan Melatih Kerja Sama

Senin, 21 Oktober 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Apa Itu Undokai?

Undokai adalah festival olahraga di Jepang yang diselenggarakan saat musim gugur. Festival olahraga ini diadakan dalam rangka memperingati Hari Olahraga Nasional yang jatuh setiap hari Senin minggu kedua bulan Oktober. Tradisi undokai telah lama mengakar di Jepang. Konon, sudah dimulai sejak era Meiji.

Pelaksanaan undokai sangat formal dan diselenggarakan dengan persiapan yang sangat rapi serta teratur. Model dan aturannya pun hampir sama di setiap sekolah. Sepertinya pemerintah memang sudah membuat standar baku untuk acara ini.

Biasanya undokai diadakan di seluruh sekolah di Jepang, mulai dari jenjang taman kanak-kanak sampai sekolah menengah. Kegiatan ini paling banyak menyedot penonton di sekolah karena biasanya dihadiri oleh para siswa, guru, dan orang tua. Selain itu, acara ini juga dihadiri oleh keluarga besar siswa, seperti adik, kakak, kakek dan nenek, alumni, serta perwakilan pemerintah setempat.

Jenis Perlombaan

Beberapa lomba yang diadakan dalam acara undokai antara lain lari jarak pendek, lari estafet, lompat tinggi, lompat jauh, cavalry battle, ball toss game, dan lain-lain. Selain perlombaan, diadakan pula pertunjukan olahraga seperti karate dan senam. Para siswa juga menyajikan aneka penampilan, seperti tarian khas daerah dan jumping rope dancing di sela-sela pertandingan.

Kegiatan olahraga yang ditampilkan dalam undokai lebih mengedepankan gerak badan, atraksi keseimbangan, dan permainan tradisional. Semua peserta yang mengikuti undokai akan memperoleh penghargaan berupa medali. Ada peserta yang mendapatkan medali karena pencapaiannya, semangatnya, kecepatannya, kerja samanya, kegembiraannya, dan lain sebagainya.

Upaya Menjaga Kesehatan

Undokai tidak hanya sebatas aktivitas olahraga, tetapi juga merupakan festival yang layak dirayakan. Dalam undokai, terkandung makna untuk menanam semangat kebersamaan dan membentuk nation building.

Selain itu, undokai juga merupakan upaya pemerintah Jepang untuk memasyarakatkan olahraga sejak dini guna menjaga kesehatan. Kesehatan ini dimaknai sebagai keadaan badan yang sejahtera sehingga memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial maupun ekonomi. Dalam jangka panjang, pembiasaan olahraga ini akan berdampak positif pada ekonomi negara.

Melatih Kerja Sama

Di Jepang, salah satu cara mengenalkan dan melatih anak-anak bekerja sama adalah melalui undokai. Dalam undokai, tersirat banyak nilai dan pelajaran, di antaranya yaitu kerja sama, saling membantu, saling menghargai, dan melatih kepercayaan diri.

Itulah sebabnya, jenis olahraga yang dilombakan dalam undokai adalah olahraga tim. Hal ini merupakan salah satu upaya untuk melatih kerja sama. Dengan kerja sama yang baik, akan dapat menghasilkan sesuatu yang hebat.

Setiap siswa dalam tim undokai tidak menonjolkan diri sendiri. Jika berhasil, itu adalah berkat kerja sama tim. Namun, jika gagal, mereka merasa kurang maksimal dalam berbuat untuk tim.

Keberhasilan undokai lebih banyak dilihat dari peningkatan soft skills para pesertanya. Tentu saja soft skills yang paling menonjol adalah kerja sama. Sebab, acara undokai tidak mungkin dapat terlaksana dengan baik tanpa adanya kerja sama antara orang tua, para siswa, guru-guru dan pihak sekolah lainnya, serta dukungan dari pemerintah.

Berita Terkait

‘Going green’: MSMEs commit to go plastic-free, ties up with Greenpeace and DTI-NCR
The Evolution of Media: Transformative Forces Shaping the Modern Media Landscape
MrBeast Dituduh Manipulasi Kripto dengan Keuntungan Jutaan Dolar
The Evolution of Media: Impact of Technology on News Consumption Habits
Donald Trump Vs. Kamala Harris, Who is More Pro Crypto?
Crypto Market is in the Green Zone, Here’s the Condition of 5 Major Tokens!
Posbakum Garda Prabowo Bersama Personil Garda Prabowo DKD Jawa Barat Turut Kawal Acara Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 
Bookshelf PH launches online magazine Blankscape, a curated gallery for writers and artists

Berita Terkait

Selasa, 22 Oktober 2024 - 03:08

‘Going green’: MSMEs commit to go plastic-free, ties up with Greenpeace and DTI-NCR

Senin, 21 Oktober 2024 - 22:29

Undokai, Upaya Menjaga Kesehatan dan Melatih Kerja Sama

Senin, 21 Oktober 2024 - 15:47

The Evolution of Media: Transformative Forces Shaping the Modern Media Landscape

Senin, 21 Oktober 2024 - 12:42

MrBeast Dituduh Manipulasi Kripto dengan Keuntungan Jutaan Dolar

Senin, 21 Oktober 2024 - 10:56

The Evolution of Media: Impact of Technology on News Consumption Habits

Berita Terbaru