Optimalkan Layanan Pelanggan Selama Ramadan dengan Qiscus AI

Minggu, 2 Maret 2025

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Qiscus, perusahaan teknologi penyedia platform omnichannel customer engagement berbasis artificial intelligence (AI) untuk bisnis menghadirkan solusi yang mampu mengoptimalkan pengalaman pelanggan selama Ramadan.

Jakarta, 26 Februari 2025 – Qiscus, perusahaan teknologi penyedia platform omnichannel customer engagement berbasis artificial intelligence (AI) untuk bisnis menghadirkan solusi yang mampu mengoptimalkan pengalaman pelanggan selama Ramadan. Hal ini menjadi tanggapan Qiscus seiring meningkatnya ekspektasi pelanggan terhadap interaksi yang cepat dan personal, dimana bisnis semakin menyadari bahwa layanan pelanggan bukan sekadar pelengkap, tetapi faktor kunci dalam pertumbuhan dan diferensiasi bisnis.

Menurut studi Ramadan terbaru yang dilakukan oleh Meta, sebanyak 94% pelanggan merasa lebih terhubung dengan bisnis atau brand melalui pesan instan (instant messaging). Studi ini juga menyoroti bahwa kata kunci utama selama Ramadan tahun 2025 ini adalah positive, encouraging, dan people-first.

Layanan pelanggan pun harus mencerminkan tiga aspek ini—memberikan pengalaman yang positif, mendorong interaksi yang lebih baik, dan tetap menghadirkan human touch meskipun menggunakan bantuan AI. Selain itu, studi ini juga mengungkap bahwa platform Meta, yakni Facebook, Instagram, dan WhatsApp, masih menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia untuk tetap terhubung dengan teman dan keluarga, menemukan konten serta hiburan, hingga berbelanja selama Ramadan.

Sebagai partner resmi Meta, Qiscus memiliki solusi berbasis AI yang mampu mengantisipasi tren tersebut, yaitu melalui Qiscus AI. Dengan AI Agent yang dikembangkan, bisnis dapat memastikan respons lebih cepat, interaksi lebih intuitif, serta bantuan yang lebih akurat, tanpa menghilangkan nilai personalisasi atau persona brand. Teknologi ini memungkinkan otomatisasi pada pertanyaan berulang, deteksi emosi pelanggan untuk respons yang lebih empatik, serta asistensi bagi agen manusia agar dapat menemukan jawaban yang lebih cepat dan sesuai dengan identitas brand.

“Ramadan bukan sekadar peak season bagi bisnis, tetapi juga momen krusial untuk membangun loyalitas pelanggan. Dalam lonjakan interaksi ini, pelanggan menginginkan pelayanan yang lebih cepat, responsif, dan tetap personal. Karena itulah, kami mengoptimalkan AI Agent dari Qiscus, bukan untuk menggantikan agen manusia, tetapi untuk memperkuat mereka—memastikan setiap interaksi tetap bernilai dan meaningful,” ujar Evan Purnama, CPMO & Co-founder Qiscus, menanggapi peran AI dalam layanan pelanggan yang mumpuni.

Pada tahun sebelumnya, Qiscus sudah meraih pencapaian gemilang dengan penghargaan TOP DIGITAL Implementation 2024 #Stars 5 dan TOP Leader on Digital Implementation 2024 untuk ketiga kalinya secara berturut-turut. Selain itu, Qiscus juga mendapatkan pengakuan dari Kementerian UMKM Republik Indonesia dengan memenangkan Anugerah Bangga Buatan Indonesia 2024. Pencapaian ini semakin memperkuat peran Qiscus dalam mendukung transformasi digital di ranah AI, terutama dalam layanan pelanggan ke depannya.

Dengan inovasi yang terus berkembang, Qiscus berkomitmen untuk menjadi mitra strategis bagi bisnis di Indonesia dalam menghadirkan layanan pelanggan yang lebih intuitif, efisien, dan tetap humanis. Hal ini ditunjukkan melalui solusi messaging bisnis terintegrasi berbasis AI dimana bisnis bisa berkomunikasi dengan pelanggan secara seamless di berbagai platform populer, seperti WhatsApp, Instagram, Facebook, Email, Ticketing, dan masih banyak lagi.

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES

Berita Terkait

Have you ever heard of Bustos, Bulacan?
baroma: An Online Sanctuary for the Senses Launches in 2025
Karaoke Manekineko Launches Exclusive Ramadan Menu and Sajian Nusantara Ala-Carte Buffet
Fure: Inovasi Mahasiswa dalam Pengelolaan Sampah Menjadi Furniture Berkelanjutan
Doxadigital masuk dalam Top 7 Agensi Digital Terbaik Asia Tenggara 2024
Komitmen Periksa.id untuk Menjaga Keamanan Data: Implementasi ISO 27001:2022 dalam Layanan Kesehatan Digital
Xpress Launches XPRESS ARANGKADA “Barkada sa Kalsada; Asenso ang Kita!”
ASUENE launches English version of PCF/LCA calculation software “ASUENE LCA”

Berita Terkait

Minggu, 9 Maret 2025 - 21:58

Have you ever heard of Bustos, Bulacan?

Jumat, 7 Maret 2025 - 11:51

baroma: An Online Sanctuary for the Senses Launches in 2025

Jumat, 7 Maret 2025 - 11:35

Karaoke Manekineko Launches Exclusive Ramadan Menu and Sajian Nusantara Ala-Carte Buffet

Kamis, 6 Maret 2025 - 10:31

Fure: Inovasi Mahasiswa dalam Pengelolaan Sampah Menjadi Furniture Berkelanjutan

Kamis, 6 Maret 2025 - 09:52

Komitmen Periksa.id untuk Menjaga Keamanan Data: Implementasi ISO 27001:2022 dalam Layanan Kesehatan Digital

Berita Terbaru

Event

Have you ever heard of Bustos, Bulacan?

Minggu, 9 Mar 2025 - 21:58