Optimalkan Layanan Pelanggan Selama Ramadan dengan Qiscus AI

Minggu, 2 Maret 2025

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Qiscus, perusahaan teknologi penyedia platform omnichannel customer engagement berbasis artificial intelligence (AI) untuk bisnis menghadirkan solusi yang mampu mengoptimalkan pengalaman pelanggan selama Ramadan.

Jakarta, 26 Februari 2025 – Qiscus, perusahaan teknologi penyedia platform omnichannel customer engagement berbasis artificial intelligence (AI) untuk bisnis menghadirkan solusi yang mampu mengoptimalkan pengalaman pelanggan selama Ramadan. Hal ini menjadi tanggapan Qiscus seiring meningkatnya ekspektasi pelanggan terhadap interaksi yang cepat dan personal, dimana bisnis semakin menyadari bahwa layanan pelanggan bukan sekadar pelengkap, tetapi faktor kunci dalam pertumbuhan dan diferensiasi bisnis.

Menurut studi Ramadan terbaru yang dilakukan oleh Meta, sebanyak 94% pelanggan merasa lebih terhubung dengan bisnis atau brand melalui pesan instan (instant messaging). Studi ini juga menyoroti bahwa kata kunci utama selama Ramadan tahun 2025 ini adalah positive, encouraging, dan people-first.

Layanan pelanggan pun harus mencerminkan tiga aspek ini—memberikan pengalaman yang positif, mendorong interaksi yang lebih baik, dan tetap menghadirkan human touch meskipun menggunakan bantuan AI. Selain itu, studi ini juga mengungkap bahwa platform Meta, yakni Facebook, Instagram, dan WhatsApp, masih menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia untuk tetap terhubung dengan teman dan keluarga, menemukan konten serta hiburan, hingga berbelanja selama Ramadan.

Sebagai partner resmi Meta, Qiscus memiliki solusi berbasis AI yang mampu mengantisipasi tren tersebut, yaitu melalui Qiscus AI. Dengan AI Agent yang dikembangkan, bisnis dapat memastikan respons lebih cepat, interaksi lebih intuitif, serta bantuan yang lebih akurat, tanpa menghilangkan nilai personalisasi atau persona brand. Teknologi ini memungkinkan otomatisasi pada pertanyaan berulang, deteksi emosi pelanggan untuk respons yang lebih empatik, serta asistensi bagi agen manusia agar dapat menemukan jawaban yang lebih cepat dan sesuai dengan identitas brand.

“Ramadan bukan sekadar peak season bagi bisnis, tetapi juga momen krusial untuk membangun loyalitas pelanggan. Dalam lonjakan interaksi ini, pelanggan menginginkan pelayanan yang lebih cepat, responsif, dan tetap personal. Karena itulah, kami mengoptimalkan AI Agent dari Qiscus, bukan untuk menggantikan agen manusia, tetapi untuk memperkuat mereka—memastikan setiap interaksi tetap bernilai dan meaningful,” ujar Evan Purnama, CPMO & Co-founder Qiscus, menanggapi peran AI dalam layanan pelanggan yang mumpuni.

Pada tahun sebelumnya, Qiscus sudah meraih pencapaian gemilang dengan penghargaan TOP DIGITAL Implementation 2024 #Stars 5 dan TOP Leader on Digital Implementation 2024 untuk ketiga kalinya secara berturut-turut. Selain itu, Qiscus juga mendapatkan pengakuan dari Kementerian UMKM Republik Indonesia dengan memenangkan Anugerah Bangga Buatan Indonesia 2024. Pencapaian ini semakin memperkuat peran Qiscus dalam mendukung transformasi digital di ranah AI, terutama dalam layanan pelanggan ke depannya.

Dengan inovasi yang terus berkembang, Qiscus berkomitmen untuk menjadi mitra strategis bagi bisnis di Indonesia dalam menghadirkan layanan pelanggan yang lebih intuitif, efisien, dan tetap humanis. Hal ini ditunjukkan melalui solusi messaging bisnis terintegrasi berbasis AI dimana bisnis bisa berkomunikasi dengan pelanggan secara seamless di berbagai platform populer, seperti WhatsApp, Instagram, Facebook, Email, Ticketing, dan masih banyak lagi.

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES

Berita Terkait

BINUS @Semarang Gelar INAWARA 2025: Menguatkan Inovasi dan Kewirausahaan Era Industry 4.0
BRI Finance dan Kejaksaan Negeri Bandar Lampung Perkuat Sinergi melalui Penandatanganan Kerja Sama Hukum
Join PetroSync API Training and Lead the Future of Engineering
KAI Logistik Tingkatkan Layanan Freight Forwarding Lewat Inovasi dan Ekspansi Rute
PetroSync API Training: Join the Elite and Master Industry Standards
BINUS @Malang Kukuhkan Lulusan dengan Hampir 100% International Experience
Huawei Cloud Umumkan Ekspansi Besar dan Kemitraan AI untuk Dominasi AI ASEAN
PetroSync Training: Transform into ASME Expert Fast

Berita Terkait

Minggu, 7 Desember 2025 - 17:39

BINUS @Semarang Gelar INAWARA 2025: Menguatkan Inovasi dan Kewirausahaan Era Industry 4.0

Jumat, 5 Desember 2025 - 19:31

BRI Finance dan Kejaksaan Negeri Bandar Lampung Perkuat Sinergi melalui Penandatanganan Kerja Sama Hukum

Jumat, 5 Desember 2025 - 18:48

Join PetroSync API Training and Lead the Future of Engineering

Jumat, 5 Desember 2025 - 10:16

PetroSync API Training: Join the Elite and Master Industry Standards

Kamis, 4 Desember 2025 - 16:53

BINUS @Malang Kukuhkan Lulusan dengan Hampir 100% International Experience

Berita Terbaru