Di Tengah Lonjakan Solusi AI, Conversa 5.0 Kembali Jadi Ruang Kolaborasi Praktisi Digital

Senin, 23 Juni 2025

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Qiscus, penyedia platform omnichannel customer engagement berbasis AI, menegaskan komitmennya dalam mendorong adopsi teknologi customer experience yang lebih cerdas dan kontekstual melalui pemanfaatan AI Agent. Sebagai bagian dari inisiatif strategis ini, Qiscus akan menggelar Conversa 5.0 pada 27 Agustus 2025.

Jakarta, 20 Juni 2025 – Qiscus, perusahaan teknologi penyedia platform omnichannel customer engagement berbasis artificial intelligence (AI), mencatat peningkatan signifikan dalam adopsi solusi AI oleh pelaku bisnis di Indonesia. Tidak hanya startup dan perusahaan teknologi, kini berbagai sektor—mulai dari e-commerce, layanan keuangan, hingga pemerintahan—berlomba mengintegrasikan AI ke dalam strategi layanan pelanggan mereka.

Namun, dalam kondisi pasar yang semakin kompetitif, otomatisasi dasar saja tidak lagi memadai. Bisnis kini membutuhkan pendekatan yang bukan hanya cepat dan responsif, tetapi juga proaktif dan kontekstual. Di tengah kompleksitas ini, AI Agent mulai dilirik sebagai solusi strategis untuk menghadirkan interaksi pelanggan yang lebih cerdas dan scalable.

Menurut survei McKinsey, AI memiliki potensi untuk meningkatkan efisiensi operasional bisnis hingga 40% dan memangkas biaya secara keseluruhan hingga 30%. Dalam jangka panjang, penerapan AI Agents diproyeksikan mampu menciptakan nilai ekonomi global mencapai USD 4,4 triliun per tahun—sebuah indikasi jelas bahwa teknologi ini akan menjadi fondasi utama dalam strategi customer engagement masa depan.

Berbeda dari chatbot konvensional, AI Agent bekerja secara proaktif dan kontekstual. AI Agents tidak hanya menjawab pertanyaan, tetapi memahami maksud, memberi solusi, bahkan mampu melakukan tindakan atas nama pelanggan. Dalam praktiknya, AI Agents memungkinkan bisnis menghadirkan pengalaman pelanggan (customer experience/CX) yang cepat, personal, dan konsisten di berbagai kanal digital, seperti WhatsApp, media sosial, situs web, hingga aplikasi.

Teknologi ini menjadi semakin relevan di Indonesia, di mana volume percakapan bisnis dan pelanggan terus meningkat, baik di sektor e-commerce, layanan kesehatan, finansial, hingga pemerintahan. Di tengah pasar digital yang dinamis, kehadiran AI Agent diyakini akan menjadi faktor pembeda utama dalam membangun loyalitas dan meningkatkan lifetime value pelanggan.

Melihat urgensi dan potensi besar dari teknologi ini, Qiscus akan kembali menggelar Conversa 5.0: Elevate Every Customer Experience with AI Agents pada 27 Agustus 2025. Acara ini ditujukan bagi para pemimpin bisnis, pengambil keputusan, praktisi teknologi, serta stakeholders di ekosistem CX untuk mengeksplorasi lebih dalam potensi dan implementasi nyata AI Agent.

Tingginya antusiasme peserta terhadap topik AI dalam Conversa 4.0 tahun lalu juga menjadi pemicu bagi Qiscus untuk mendalami lebih lanjut arah perkembangan teknologi ini. Tahun lalu, Qiscus juga memperkenalkan solusi berbasis AI untuk otomasi customer engagement. Melihat percepatan adopsi dan transformasi di lapangan, tahun ini Qiscus akan kembali meluncurkan solusi terbaru berbasis AI yang akan diperkenalkan secara eksklusif di panggung Conversa 5.0.

“Kami melihat antusiasme yang luar biasa dari pelaku industri terhadap solusi AI dalam satu tahun terakhir. Optimisme inilah yang ingin kami teruskan di Conversa 5.0. Lewat kolaborasi dan diskusi lintas sektor, kami ingin mendorong adopsi AI Agent secara lebih luas. Fokus ini sejalan dengan komitmen Qiscus dalam menghadirkan solusi inovatif sebagai bagian dari perjalanan kami menjadi perusahaan teknologi kelas dunia dari nusantara. Kami percaya bahwa AI akan menjadi salah satu pilar utama dalam evolusi customer experience, dan Qiscus siap menjadi pelopornya” ujar Delta Purna Widyangga selaku CEO & Co-founder Qiscus.

Tahun sebelumnya, Conversa menghadirkan tokoh-tokoh terkemuka seperti Sandiaga Uno (mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI), Arsjad Rasjid (mantan Ketua Umum KADIN), Roy Mandey (Ketua Umum APRINDO), serta para praktisi bisnis dari ZAP Clinic, Feedloop.ai, Meta, dan salah satu perusahaan e-commerce ternama. Diskusi yang terjadi mencerminkan pentingnya kolaborasi lintas sektor dalam menghadapi era disrupsi digital.

Conversa 5.0 akan kembali menjadi ruang kolaborasi dan pertukaran wawasan strategis mengenai masa depan customer engagement yang lebih cerdas, otomatis, dan humanis melalui pemanfaatan AI Agent.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi: conversa.cx.

About Qiscus

Qiscus adalah platform omnichannel customer engagement berbasis AI yang membantu bisnis membangun Customer Experience (CX) yang relevan, serta memungkinkan percakapan real-time dalam skala besar. Sebagai salah satu penyedia solusi CX terdepan di Asia Tenggara, teknologi Qiscus telah digunakan oleh ribuan perusahaan dan menjangkau lebih dari 265 juta end-user. Sejak 2016, Qiscus telah dipercaya oleh berbagai perusahaan ternama di Indonesia, seperti Telkom Indonesia (Telekomunikasi), Blue Bird (Transportasi), Astra International (BFSI), Paragon (Kecantikan), Time International (Retail), Halodoc (Kesehatan), dan Dompet Dhuafa (NGO). Dengan 170+ karyawan dan tiga hub regional di Indonesia, Malaysia, dan Singapura, Qiscus terus mendorong inovasi AI dalam customer engagement dimulai dari Nusantara, menjangkau Asia Tenggara dan dunia.
Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES 

Berita Terkait

Strategic UK–Singapore Alliance Signals New Era in Global Real Estate Investment
Missed Bitcoin’s Surge? Join BTC Miner Cloud Mining and Seize the Next Thousand-Fold Wealth Opportunity!
Catat Tanggalnya, Pertamina Eco RunFest 2025 Siap Digelar 23 November 2025
From Boracay to Palawan: Xpress Super App Expands Island Mobility Network
Japanese Rock Legend HYDE’s “Beauty & The Beast” Live Concert Performance to Be Broadcast Live in Cinemas Across Japan and Melbourne, and Streamed Globally!
Protect Your Assets and Reputation – Master API 579 with PetroSync’s Expert-Led Training
Part 2: Creativity Tops the List – Office Chatani Reveals Key Traits of Intrapreneurs in Major Japanese Corporations
Part 2: Creativity Tops the List – Office Chatani Reveals Key Traits of Intrapreneurs in Major Japanese Corporations

Berita Terkait

Rabu, 16 Juli 2025 - 21:05

Strategic UK–Singapore Alliance Signals New Era in Global Real Estate Investment

Rabu, 16 Juli 2025 - 20:25

Missed Bitcoin’s Surge? Join BTC Miner Cloud Mining and Seize the Next Thousand-Fold Wealth Opportunity!

Rabu, 16 Juli 2025 - 16:14

Catat Tanggalnya, Pertamina Eco RunFest 2025 Siap Digelar 23 November 2025

Rabu, 16 Juli 2025 - 15:36

From Boracay to Palawan: Xpress Super App Expands Island Mobility Network

Rabu, 16 Juli 2025 - 14:57

Japanese Rock Legend HYDE’s “Beauty & The Beast” Live Concert Performance to Be Broadcast Live in Cinemas Across Japan and Melbourne, and Streamed Globally!

Berita Terbaru