KAI Logistik Catat Pertumbuhan Positif Layanan Kurir KALOG Express Sepanjang 2025

Kamis, 30 Oktober 2025

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

KAI Logistik, anak perusahaan PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang berfokus pada layanan logistik terintegrasi, mencatat kinerja positif pada layanan kurir yang dilayani melalui KALOG Express sepanjang tahun 2025. Layanan ini menunjukkan pertumbuhan yang konsisten serta semakin mendapat kepercayaan dari masyarakat sebagai bagian dari ekosistem logistik nasional yang inklusif dan andal.

Hingga September 2025, KALOG Express telah melayani pengiriman dengan total volume mencapai 48.117 ton, mencerminkan tren pertumbuhan yang berkesinambungan. Pada triwulan III, volume angkutan tercatat sebesar 18.544 ton, meningkat 24% dibandingkan capaian triwulan II sebesar 14.924 ton.

Direktur Pengembangan Usaha, Riyanta mengungkapkan ”Pertumbuhan positif ini merupakan hasil dari konsistensi perusahaan dalam memperkuat fondasi operasional, memperluas jangkauan layanan, serta menghadirkan inovasi berkelanjutan. KALOG Express menjadi representasi komitmen kami dalam menyediakan layanan kurir yang aman, cepat, dan kompetitif bagi seluruh lapisan masyarakat,”.

Peningkatan kinerja ini turut tercermin pada pertumbuhan di berbagai segmen layanan KALOG Express Layanan pengiriman hewan peliharaan tumbuh rata-rata 7% per triwulan, seiring meningkatnya kepercayaan pelanggan terhadap keamanan dan standar penanganan KAI Logistik. Sementara itu, layanan pengiriman sepeda motor menunjukkan kinerja tertinggi dengan pertumbuhan di atas 20% setiap triwulan. Hingga triwulan III, sebanyak 44.420 unit sepeda motor telah dilayani, meningkat signifikan dibandingkan triwulan II sebanyak 35.250 unit dan 28.167 unit pada triwulan I.

Pertumbuhan volume pengiriman sepeda motor khususnya di tahun 2025 didorong oleh berbagai faktor seperti kemudahan layanan yang kini sudah dapat diakses melalui aplikasi KAI Logistik TRAX dengan penjemputan dan pengantaran hingga alamat tujuan, peningkatan kualitas layanan dengan fasilitas jaminan perlindungan pengiriman melalui asuransi hingga tingginya mobilitas masyarakat khususnya pada momen penting seperti mudik dan masa tahun ajaran baru perkuliahan.

Dalam upaya menjawab dinamika pasar dan kebutuhan pelanggan, KAI Logistik terus melakukan penguatan strategi bisnis melalui sejumlah langkah strategis. Perusahaan melakukan perluasan jaringan layanan di berbagai wilayah, peningkatan efisiensi waktu tempuh termasuk percepatan rute Bandung –Surabaya menjadi 24 jam waktu pengiriman, serta penguatan digitalisasi layanan melalui pengembangan fitur dan kemudahan akses pada platform KAI Logistik TRAX.

Selain itu, KAI Logistik juga memperluas service point melalui skema kemitraan untuk memperkuat jaringan dan jangkauan layanan hingga ke daerah-daerah. Langkah ini tidak hanya meningkatkan aksesibilitas layanan logistik, tetapi juga membuka peluang ekonomi baru bagi masyarakat.

“Sebagai bagian dari KAI Group yang berperan strategis dalam sektor transportasi dan logistik nasional, KAI Logistik berkomitmen untuk terus berinovasi dan memberikan nilai tambah bagi pelanggan dan mitra usaha. Kami berfokus pada efisiensi, integrasi layanan multimoda, serta keberlanjutan operasional,” lanjut Riyanta.

Ke depan, KAI Logistik menegaskan komitmennya untuk mewujudkan visi sebagai penyedia solusi logistik nasional yang terintegrasi, modern, dan berkelanjutan, sejalan dengan transformasi BUMN yang berorientasi pada pelayanan, kinerja, dan keberlanjutan.

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES

Berita Terkait

Penjualan Tiket Nataru Terus Meningkat, KAI Daop 1 Jakarta Imbau Pelanggan Pesan Lebih Awal
Holding Perkebunan Nusantara Melalui PalmCo Menembus Wilayah Terisolasi untuk Salurkan Bantuan di Sumut dan Aceh
BINUS @Semarang Gelar INAWARA 2025: Menguatkan Inovasi dan Kewirausahaan Era Industry 4.0
BRI Finance dan Kejaksaan Negeri Bandar Lampung Perkuat Sinergi melalui Penandatanganan Kerja Sama Hukum
Join PetroSync API Training and Lead the Future of Engineering
KAI Logistik Tingkatkan Layanan Freight Forwarding Lewat Inovasi dan Ekspansi Rute
PetroSync API Training: Join the Elite and Master Industry Standards
BINUS @Malang Kukuhkan Lulusan dengan Hampir 100% International Experience

Berita Terkait

Senin, 8 Desember 2025 - 01:06

Penjualan Tiket Nataru Terus Meningkat, KAI Daop 1 Jakarta Imbau Pelanggan Pesan Lebih Awal

Minggu, 7 Desember 2025 - 20:41

Holding Perkebunan Nusantara Melalui PalmCo Menembus Wilayah Terisolasi untuk Salurkan Bantuan di Sumut dan Aceh

Minggu, 7 Desember 2025 - 17:39

BINUS @Semarang Gelar INAWARA 2025: Menguatkan Inovasi dan Kewirausahaan Era Industry 4.0

Jumat, 5 Desember 2025 - 18:48

Join PetroSync API Training and Lead the Future of Engineering

Jumat, 5 Desember 2025 - 13:29

KAI Logistik Tingkatkan Layanan Freight Forwarding Lewat Inovasi dan Ekspansi Rute

Berita Terbaru