JTT Gelar Apel Siaga Jamin Layanan Tol Trans Jawa Libur Natal dan Tahun Baru

vritimes

Selasa, 23 Desember 2025

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) memastikan layanan prima di seluruh Ruas Jalan Tol Trans Jawa dengan melaksanakan Apel Terpadu Jasamarga Transjawa Tol Siaga Operasional Libur Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 (Nataru) sebagai bentuk kesiapan perusahaan dalam menjaga kelancaran, keamanan, dan kenyamanan perjalanan masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan pada Rabu (17/12) sebagai penanda dimulainya periode Siaga Operasional Nataru di seluruh ruas tol Trans Jawa yang dikelola JTT.

Kegiatan ini dihadiri oleh Direktur Operasional PT JTT Pratomo Bimawan Putra, Direktur Keuangan PT JTT Siti Sarah, Direktur Utama PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek Hendri Taufik, Senior Manager Representative Office 1 Ruas Tol Jakarta-Cikampek Amri Sanusi, para Vice President PT JTT, Service Provider, Kepala Unit I Induk Patroli Jalan Raya (PJR) Ruas Tol Jakarta-Cikampek AKP Aris Nur Afandi, serta seluruh tim Satuan Tugas (Satgas) operasional.

Direktur Operasional PT JTT Pratomo Bimawan Putra dalam sambutannya menyampaikan arahan kepada seluruh tim Satgas Operasional. “Diharapkan agar seluruh tim Satgas Operasional dapat memastikan kesiapan layanan operasional menghadapi lonjakan volume lalu lintas periode libur Nataru 2025/2026. Momentum ini merupakan periode penting dengan meningkatnya mobilitas masyarakat. Oleh karena itu, JTT memastikan seluruh elemen layanan berjalan optimal, didukung oleh kesiapan petugas di lapangan, sistem operasional yang andal, serta koordinasi yang erat dengan seluruh pemangku kepentingan, agar pengguna jalan dapat melakukan perjalanan dengan aman dan nyaman,” ujar Bima.

Lebih lanjut, JTT memproyeksikan peningkatan volume lalu lintas pada periode libur Nataru Tahun 2025/2026 yang dimulai pada tanggal 19 Desember 2025 s.d 4 Januari 2026. Pada periode tersebut, lonjakan volume kendaraan diperkirakan mencapai 690.952 kendaraan yang melintasi Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama menuju wilayah Timur Trans Jawa, atau meningkat sekitar 30,2% dibandingkan dengan volume lalu lintas normal sebanyak 530.519 kendaraan.

Sebagai upaya mengantisipasi lonjakan volume lalu lintas di Ruas Jalan Tol Trans Jawa, PT JTT memastikan seluruh aspek kesiapan layanan operasional berjalan optimal. Kesiapan tersebut mencakup pelayanan di gerbang tol, rest area, hingga sepanjang jalur tol dengan memastikan kondisi perkerasan jalan tetap prima, sistem drainase berfungsi dengan baik, sarana dan prasarana terjaga, serta seluruh indikator Standar Pelayanan Minimal (SPM) jalan tol terpenuhi secara konsisten.

Dari sisi keamanan dan keselamatan, JTT melakukan pemantauan dan pengendalian secara intensif pada titik-titik rawan kecelakaan, serta melakukan mitigasi risiko terhadap potensi genangan dan longsor, khususnya di tengah kondisi musim penghujan dan cuaca ekstrem yang tidak menentu. Pengawasan juga ditingkatkan pada lokasi-lokasi yang berpotensi mengalami kepadatan lalu lintas, seperti akses menuju kawasan wisata dan pusat aktivitas masyarakat, dengan didukung kesiapan 211 tim personel preservasi yang terdiri dari tim patching, tim presevasi Ruang Milik Jalan (Rumija), tim preservasi drainase, tim preservasi Sarana Pelengkap Jalan (Sarkapja) dan tim antisipasi genangan dan longsor di seluruh Ruas Jalan Tol Trans Jawa guna memastikan kondisi jalan tetap aman dan nyaman untuk dilalui pengguna jalan tol.

Untuk mendukung kenyamanan pengguna jalan, layanan rest area turut menjadi perhatian utama JTT. Perusahaan memastikan kebersihan area tetap terjaga, ketersediaan air bersih, fungsi toilet yang optimal, pengelolaan parkir yang tertib, serta kesiapan petugas keamanan dan kebersihan di 40 rest area yang tersebar di Ruas Jalan Tol Trans Jawa termasuk 2 rest area fungsional di Ruas Tol Semarang-Solo. Melalui kesiapan tersebut, JTT mengimbau pengguna jalan untuk memanfaatkan rest area secara bijak, menjaga kebersihan bersama, dan beristirahat secukupnya agar perjalanan dapat dilanjutkan dengan aman dan nyaman.

Guna menjaga kelancaran arus lalu lintas selama masa operasional pelayanan, JTT menyiagakan 84 unit kendaraan derek di seluruh Ruas Jalan Tol Trans Jawa, 337 personel on call yang siap dikerahkan di lapangan, serta 363 unit tambahan Mobile Reader (MR) guna mendukung kelancaran transaksi dan mengantisipasi antrean di gerbang tol. JTT juga membatasi kegiatan konstruksi di jalan tol yang berpotensi mengganggu arus kendaraan sesuai dengan ketentuan dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Direktorat Jenderal Bina Marga, dan Kakorlantas Polri.

Dalam mendukung pengambilan keputusan yang cepat dan responsif, JTT terus bersikap adaptif dan inovatif dengan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi digital dalam kegiatan monitoring serta pengolahan data kondisi lalu lintas terkini. Melalui pemanfaatan media sosial, khususnya Instagram @official.jmtransjawa, serta aplikasi TRAVOY, JTT menyajikan informasi lalu lintas secara real time sebagai bagian dari strategi komunikasi dan manajemen informasi yang terintegrasi. Upaya ini dilakukan agar imbauan serta panduan perjalanan dapat tersampaikan dengan jelas, tepat waktu, mudah diakses, sekaligus meningkatkan kualitas layanan bagi para pengguna jalan tol.

VP Corporate Secretary & Legal PT JTT, Ria Marlinda Paallo menyampaikan bahwa kesiapan layanan Nataru ini mencerminkan komitmen perusahaan dalam melayani masyarakat dengan sepenuh hati. “Sebagai bentuk dukungan layanan kepada masyarakat pada periode libur akhir tahun, JTT turut memberikan stimulus potongan tarif tol sebesar 20% pada sejumlah ruas jalan tol Trans Jawa yang dikelola yang akan berlaku selama tiga hari yaitu tanggal 22 Desember 2025 pukul 00.00 WIB s.d 23 Desember 2025 pukul 24.00 WIB, dilanjutkan pada periode akhir tahun tanggal 31 Desember 2025 pukul 00.00 WIB s.d pukul 24.00 WIB. Potongan tarif ini berlaku bagi pengguna jalan yang melakukan perjalanan menerus menggunakan uang elektronik dengan saldo cukup, baik dari GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta–Cikampek menuju GT Kalikangkung maupun arah sebaliknya. Pemberian diskon tarif tol ini diharapkan dapat mendorong kelancaran arus lalu lintas sekaligus menghadirkan perjalanan yang lebih efisien dan nyaman bagi pengguna jalan selama periode Nataru 2025/2026,” jelas Ria.

JTT berkomitmen untuk terus menghadirkan layanan terbaik dengan melayani sepenuh hati, menjaga setiap perjalanan tetap aman dan nyaman hingga tujuan. JTT juga turut mengimbau masyarakat agar merencanakan perjalanan dengan baik, memastikan kendaraan dalam kondisi prima, mematuhi rambu lalu lintas, dan mengikuti arahan petugas di lapangan. Dengan dukungan dan kerja sama seluruh pihak, JTT berharap perjalanan masyarakat selama libur Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 dapat berlangsung aman, lancar, dan nyaman.

Untuk mendapatkan informasi lalu lintas terkini selama periode Nataru, pengguna jalan dapat menghubungi One Call Center Jasa Marga 24 jam di 14080 atau mengakses aplikasi Travoy.

Press release ini juga sudah tayang di VRITIMES

Berita Terkait

Join PetroSync API Training for Global Engineering Standards
Tiket KA Nataru dari Daop 7 Madiun Masih Tersedia, KAI Imbau Masyarakat Segera Pesan Tiket
8.000 Penjamah Makanan Ikuti Bimtek BGN di Provinsi Riau, Fokus Keamanan Pangan dan Gizi
Stasiun Gambir Catat 97.747 Tiket Terpesan pada Periode Nataru 2025/2026
BINUS Fun Carnival 2025 Kolaborasi Pelajar, Mahasiswa, dan Technopreneur
BINUS University Raih Tiga Penghargaan di Anugerah Diktisaintek 2025
Arvin Sadeli Buktikan Talenta BINUS di Industri Game Dunia
Cerita Kyori, Perjalanan di BINUS UNIVERSITY Jadi Titik Balik Menuju Dunia Profesional Sebelum Wisuda

Berita Terkait

Selasa, 23 Desember 2025 - 11:17

JTT Gelar Apel Siaga Jamin Layanan Tol Trans Jawa Libur Natal dan Tahun Baru

Selasa, 23 Desember 2025 - 08:04

Join PetroSync API Training for Global Engineering Standards

Selasa, 23 Desember 2025 - 07:17

Tiket KA Nataru dari Daop 7 Madiun Masih Tersedia, KAI Imbau Masyarakat Segera Pesan Tiket

Senin, 22 Desember 2025 - 20:12

Stasiun Gambir Catat 97.747 Tiket Terpesan pada Periode Nataru 2025/2026

Senin, 22 Desember 2025 - 17:23

BINUS Fun Carnival 2025 Kolaborasi Pelajar, Mahasiswa, dan Technopreneur

Berita Terbaru