Example 728x250
TNI POLRI

Respon Cepat TNI – Polri & Tim BKPH Lawan Ilegal Logging di Desa Lenangguar

51
×

Respon Cepat TNI – Polri & Tim BKPH Lawan Ilegal Logging di Desa Lenangguar

Sebarkan artikel ini

Lenangguar – Sumbawa Besar | NTB, Operasi Gabungan (Opgab) TNI – Polri dan Tim Balai Kesatuan Pengelolaan Hutan (BKPH) setempat merespon laporan masyarakat mengenai praktik ilegal logging di Olat Sedado, Desa Lenangguar, Kecamatan Lenangguar. Sabtu (23/03/2024)

 

Dalam respons terhadap laporan tersebut, pasukan gabungan yang dipimpin oleh kepala BKP Resort Lenangguar Bpk Makasau bersama Tim TNI-Polri dan BKPH melakukan patroli dan penyisiran intensif di wilayah yang dilaporkan. 

Ketika Operasi Gabungan mendatangi lokasi kejadian, pelaku telah pergi dari tempat kejadian dan tidak ada lagi di sana. Namun, selama pemeriksaan lokasi, Opsgab menemukan sebuah gelondong kayu yang baru saja ditebang dan ditinggalkan di lokasi tersebut. 

 

Gelondong kayu tersebut menjadi bukti bahwa telah terjadi kejahatan ilegal logging di lokasi tersebut, Opsgab kemudian mengamankan dan mengevakuasi bukti ke Balai KPH Orong Telu untuk penyelidikan lebih lanjut.

Kepala BKP Resort Lenangguar Bpk Makasau, menegaskan komitmennya untuk melindungi sumber daya alam serta memastikan keamanan dan kesejahteraan masyarakat. “Kami tidak akan mentolerir aktivitas ilegal yang merusak lingkungan dan merugikan masyarakat. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya kami untuk memastikan keberlanjutan dan keadilan dalam pemanfaatan sumber daya alam,” ujarnya 

 

Tim gabungan juga melakukan pendekatan kepada masyarakat setempat untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pelestarian lingkungan dan sumber daya alam. Langkah-langkah preventif juga diterapkan untuk mencegah kemungkinan adanya praktik ilegal serupa di masa mendatang.

Dikonfirmasi Via telepon, Danramil 1607-03/Ropang kapten Inf Ichsan Mashuri mengapresiasi respon cepat yang dilakukan oleh Tim gabungan BKPH dan TNI-Polri.

 

Danramil menyampaikan tindakan illegal logging dapat berdampak buruk pada keberlanjutan hutan dan lingkungan, serta pentingnya menjaga kelestarian hutan dan lingkungan sebagai sumber kehidupan masyarakat sekitar yang memanfaatkan hutan secara berkelanjutan.

Danramil Berkomitmen akan melakukan tindakan tegas dan seimbang dalam upaya memberantas praktik illegal logging. Hal ini penting dilakukan guna mencegah kerusakan hutan dan lingkungan serta mengurangi tindakan kriminal di lingkungan sekitar. Ia siap melakukan koordinasi dengan semua pihak terkait guna memberantas ilegal logging dan menjaga keberlanjutan hutan dan lingkungan di kabupaten Sumbawa khususnya kecamatan Lenangguar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *