Maraknya Tren Konsumsi Bertanggung Jawab: Mengungkap Aksi Belanja Etis untuk Produk Berkelanjutan

Jumat, 21 Juni 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Siaran pers ini hadir untuk menyuarakan gaya konsumsi yang sadar dan bertanggung jawab (conscious consumerism), serta mendorong masyarakat untuk membuat keputusan pembelian yang terinformasi demi mendorong keberlanjutan (sustainability) untuk lingkungan dan sosial.  Lebih dari 60% konsumen memutuskan berbelanja dengan tujuan untuk menciptakan dampak lingkungan yang positif, mereka telah mengambil langkah signifikan untuk berkontribusi terhadap keberlanjutan bumi.

Tantangan seperti keterjangkauan harga dan ketidakpercayaan terhadap merek menjadi hambatan bagi konsumen untuk beralih membeli produk-produk berkelanjutan.  Di sisi lain, banyak bisnis/merek melakukan greenwashing, praktik memalsukan klaim keberlanjutan. Hal ini dapat menyebabkan hilangnya loyalitas, kepercayaan, dan kepuasan konsumen terhadap produk.

48% konsumen menyatakan bahwa mereka cenderung mengurangi pembelian dari merek yang gagal memenuhi komitmen keberlanjutannya, dan bahkan 14% dari mereka tidak akan membeli produk dan layanan dari merek tersebut lagi.    Menekankan pentingnya keberlanjutan, KoltiTrace SHOP hadirkan Eco-Conscious Week ‘Inisiatif Berbasis Komunitas Lokal’ yang turut menggandeng merk merk lokal, seperti JIKA Chocolate, cokelat artisan berkelanjutan yang dibuat 100% di Indonesia, dan āluān, perusahaan sosial yang memproduksi minyak kelapa murni berkelanjuta,Kopi Arabika Aceh Gayo dari SUGATA Coffee, Kopi Arabika Flores Manggarai dari produsen lokal di Nusa Tenggara Timur, Gula Kelapa dari Kulonprogo Yogyakarta (Sertifikat Indikasi Geografis), Garam Laut Amed dari Bali, Teh Preanger Jawa dari Bandung Selatan, dan Madu Trigona dari Belitung Timur. Dengan memilih produk-produk ini, konsumen turut berkontribusi dalam menjaga kelestarian lingkungan dan mendukung praktik bisnis yang beretika.

Para pegiat yang peduli lingkungan juga turut menyuarakan cerita inspiratif mereka terhadap gaya hidup berkelanjutan, seperti Rappo Indonesia yang memberdayakan pekerja Perempuan dengan pelatihan/training untuk produksi barang-barang daur ulang berkualitas, Slow Fashion Indonesia yang turut mendukung gerakan fashion berkelanjutan, hingga Gerakan KeBIKEan yang turut mendukung berkurangnya emisi karbon lewat aksi sepeda rutinnya.

Tentang KOLTIVA

KoltiTrace SHOP adalah platform eCommerce pertama di Indonesia yang menawarkan produk berkelanjutan yang tertelusur dan diproduksi secara etis. Didirikan sejak 2012 oleh KOLTIVA, startup pertanian berkelanjutan dan ketertelusuran rantai pasokan yang beroperasi di 61 negara, dengan lebih dari 54 komoditas, seperti kakao, kopi, kelapa sawit, karet, dll. KoltiTrace SHOP memberdayakan konsumen untuk menjadi agen perubahan melalui pengalaman belanja yang berkelanjutan dengan merek lokal berkualitas tinggi, meningkatkan kesejahteraan produsen, mengurangi kemiskinan, dan melindungi lingkungan.

Didukung oleh ekosistem teknologi canggih Koltiva dalam mendigitalkan rantai pasokan global, KoltiTrace SHOP dilengkapi dengan QR Code di setiap produk, yang memungkinkan pelanggan untuk melihat lokasi asal pembuatan produk, serta membagi tip langsung ke produsen di balik produk tersebut.

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES

Berita Terkait

BINUS University Raih International Innovation Award 2025
85,93% Alumni Langsung Bekerja, BINUS @Malang Kukuhkan 398 Talenta Digital
Discovery Ancol Hotel Sambut Festive Season Dengan Tree Lighting Ceremony
Rafly Kande Peduli Aceh, ‘Showcase Spesial’ di Kedai Aceh Lampoh Kemang
CEO BINA NUSANTARA, Ir. Bernard Gunawan, Raih Outstanding Leaders ACES Awards 2025
Kemenangan Tim Oshimud BINUS @Bandung di IFBCC 2025 Perkuat Posisi Kampus
BINUS @Bandung Torehkan Prestasi di Kompetisi EDUPRENEUR 2025 dengan Sabet Juara 2
Workshop Multi-Platform Creator with Priska Sahanaya & Fanbo at SMK Bakti Idhata

Berita Terkait

Rabu, 3 Desember 2025 - 16:07

BINUS University Raih International Innovation Award 2025

Rabu, 3 Desember 2025 - 15:50

85,93% Alumni Langsung Bekerja, BINUS @Malang Kukuhkan 398 Talenta Digital

Rabu, 3 Desember 2025 - 13:52

Discovery Ancol Hotel Sambut Festive Season Dengan Tree Lighting Ceremony

Rabu, 3 Desember 2025 - 09:49

Rafly Kande Peduli Aceh, ‘Showcase Spesial’ di Kedai Aceh Lampoh Kemang

Selasa, 2 Desember 2025 - 18:54

Kemenangan Tim Oshimud BINUS @Bandung di IFBCC 2025 Perkuat Posisi Kampus

Berita Terbaru